MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA MELALUI METODE DRILL BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS II SD NEGERI 060952 MEDAN

  • Arief Hidayat Afendi PGSD
  • Nurul Fadillah Universitas Negri Medan

Abstract

ABSTRACT

One of the obstacles faced by children with learning difficulties is the skill in reading. This problem was found at SD Negeri 060952 Medan where a child with learning difficulties aged 8 years and in the second grade of elementary school had low reading skills. This study aims to prove that there is an influence from the use of the drill method in improving the ability to read words in children with grade II learning at SD Negeri 060952 Medan. The type of research used is experimental research in the form of a single subject Single Subject Research (SSR) with an A-B-A design consisting of three conditions. The data collection technique in this study used an oral direct test by telling children to read words patterned with vowel consonants – vowel consonants on student worksheets. Data analysis techniques used based on data observations in the form of Visual Analysis of Graphs.  The results of this study show that using the method

 

Keywords: Drill MethodAbility to Read WordsChildren With Learning Difficulties

 

 

 

ABSTRAK

Salah satu hambatan yang dihadapi anak berkesulitan belajar yaitu keterampilan dalam membaca. Permasalahan ini ditemukan di SD Negeri 060952 Medan dimana seorang anak berkesulitan belajar berumur 8 tahun dan duduk di kelas II SD  memiliki keterampilan membaca yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa adanya pengaruh dari penggunaan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak berekesulitan belajar kelas II di SD Negeri 060952 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dalam bentuk subjek tunggal Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A yang terdiri dari tiga kondisi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes langsung lisan dengan menyuruh anak membaca  kata berpola konsonan vokal – konsonan vokal pada lembar kerja siswa. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk Visual Analysis of Grafik.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan kemampuan  membaca kata bagi anak berkesulitan belajar kelas II di SD Negeri 060952 Medan.

 

Kata Kunci : Metode Drill, Kemmpuan Membaca Kata, Anak Berkesulitan Belajar

Published
2022-06-29
How to Cite
Afendi, A., & Fadillah, N. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA MELALUI METODE DRILL BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS II SD NEGERI 060952 MEDAN. Jurnal PGSD, 8(1), 53-57. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2957
Section
Articles