KORELASI KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN BERBAHASA DI KELAS TINGGI SD NEGERI 1 KUJANG

Authors

  • Riska Aulia Univesitas Muhamamdiyah Tasikmalaya
  • Rahmat Permana Univesitas Muhamamdiyah Tasikmalaya
  • Anggia Suci Pratiwi Univesitas Muhamamdiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2938

Abstract

ABSTRACT

In language skills in the high class, namely class V SD Negeri 1 Kujang, there are still many problems found in students both in cognitive and psychomotor aspects which can be interpreted both in listening, reading, writing or speaking activities. The problem certainly has something to do with the level of linguistic intelligence possessed by students. The purpose of this study was to describe the correlation between linguistic intelligence and the language skills of high-class students of SD Negeri 1 Kujang. This study uses a quantitative approach to the type of correlational research. This research was conducted at SD Negeri 1 Kujang with the population and the research sample used were the fifth grade students of SD Negeri 1 Kujang totaling 15 people. For data collection techniques using questionnaires and tests, namely questionnaires for the level of linguistic intelligence and tests to determine students' language skills. Data analysis used the Product Moment correlation formula with the help of Microsoft Excel. The results of data analysis from the calculation results are known that the obtained rcount = 0.280, while rtable = 0.514. Thus rcount rtable at a significance level of 5% so that H0 is rejected and Ha is accepted.

 

Keywords: Correlation, Linguistic Intelligence, Language Skills

 

ABSTRAK

Dalam keterampilan berbahasa di kelas tinggi yaitu kelas V SD Negeri 1 Kujang masih banyak ditemukan masalah pada siswa baik dalam aspek kognitif ataupun psikomotor yang dapat diartikan baik dalam kegiatan menyimak, membaca,menulis ataupun berbicara. Permasalahan tersebut tentu ada kaitannya dengan tingkat kecerdasan linguistik yang dimiliki siswa . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan korelasi antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan berbahasa siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Kujang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Kujang dengan populasi dan sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kujang berjumlah 15 orang.  Untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes yaitu kuisioner untuk  tingkat kecerdasan linguistik dan tes untuk untuk mengetahui keterampilan berbahasa siswa. Analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dengan berbantuan Microsof Excel. Hasil analisis data dari hasil perhitungan yaitu diketahui bahwa diperoleh rhitung = 0,280, sedangkan rtabel = 0,514. Dengan demikian rhitung ? rtabel pada taraf signifikansi 5% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

 

Kata Kunci: Korelasi, Kecerdasan Linguistik, Keterampilan Berbahasa

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Aulia, R., Permana, R., & Pratiwi, A. S. (2022). KORELASI KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN BERBAHASA DI KELAS TINGGI SD NEGERI 1 KUJANG. Jurnal PGSD, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2938