PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH KELAS IV SD NEGERI CEUNGCEUUM
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2457Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada zaman sekarang ini masih ada sekolah yang menggunakan metode ceramah dimana pembelajaran hanya terpusat pada guru. Pada awal pembelajaran siswa tampak bersemangat namun setelah memasuki kegiatan inti siswa terlihat bosan dan mengantuk sehingga hasil belajar siswa pun tidak optimal. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada materi keliling dan luas daerah. Dengan diterapkannya model pembelajaran tersebut diharapkan adanya pengaruh pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah mata pelajar matematika di kelas IV SD Negeri Ceungceum. Dari hasil data yang telah dianalisis, diperoleh sig. (2-tailed) 0,003 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Model Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Ceungceum pada materi keliling dan luas daerah mata pelajaran matematika . Memperoleh thitung yaitu 3,306 dan ttabel yaitu 2,04841. Untuk thitung yang didapat berada pada wilayah yang positif atau 3,306 > 2,04841 sehingga Ha diterima. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,33 dan kelas kontrol yaitu 70,33 (82,33 > 70,33). Maka model pembelajaran jigsaw memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Ceungceum pada materi keliling dan luas daerah mata pelajaran matematika.
Kata Kunci: Kooperatif tipe jigsaw, Model Pembelajaran, Hasil Belajar.
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of the use of the jigsaw type cooperative learning model on the mathematics learning achievement of fourth grade students in elementary schools. This research is motivated because at this time there are still schools that use the lecture method where learning is only centered on the teacher. At the beginning of learning the students looked excited but after entering the core activities the students looked bored and sleepy so that student learning outcomes were not optimal. One alternative that can be used in learning Mathematics is by applying the jigsaw cooperative learning model to the circumference and area material. With the implementation of the learning model is expected to have an influence on student achievement. This study aims to determine the effect of the jigsaw cooperative learning model on student achievement in the area and circumference material for mathematics students in grade IV SD Negeri Ceungceum. The results of the data that has been analyzed, obtained sig. (2-tailed) 0.003 < 0.05 which means H0 is rejected. The jigsaw cooperative learning model has a significant effect on the learning achievement of fourth grade students at SD Negeri Ceungceum on the circumference and area of ??mathematics subject. Obtaining tcount is 3.306 and ttable is 2.04841. For the tcount obtained, it is in the positive area or 3.306 > 2.04841 so that Ha is accepted. The average value of the experimental class is 82.33 and the control class is 70.33 (82.33 > 70.33). So the jigsaw learning model has a positive influence on the learning achievement of fourth grade students at Ceungceum State Elementary School on the circumference and area of ??mathematics subject matter.
Keywords: Jigsaw cooperative type, Learning Model, Learning Outcomes.