METODE ZIKIR DAN AWRAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POST PANDEMIC COVID 19 DI PONDOK PESANTREN AL-IDRISIYYAH TASIKMALAYA

Authors

  • Arief Hidayat Afendi PGSD
  • Dedi Djubaedi Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Didin Nurulrosidin Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Sumanta Sumanta Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2456

Abstract

Abstrak

Pandemik Covid 19 adalah mempengaruhi semua aspek kehidupan termasuk pendidikan. Lebih dari 370 juta anak-anak dan remaja tidak belajar karena penutupan sementara atau tidak terbatas termasuk di Indonesia sebagai langkah upaya memutus rantai penyebaran covid 19. Penelitian ini mengkaji bagaimana gambaran umum tarekat Idrisiyyah dan bagaimana tarekat ini mampu menjadikan zikir dan awrad untuk membangkitkan psikologis siswa dalam pembelajaran post pandemic sehingga mampu merespons tantangan globalisasi. Syekh Akbar Muhammad Fathurrahman sebagai mursyid Tarekat Idrisiyyah berhasil menjadikan zikir dan award sebagai sarana untuk membangkitkan semangat belajar siswa Pondok Pesantren Al-Idrisiyyah Tasikmalaya masa pandemik covid 19. Manhaj pendidikan tarekat Idrisiyyah dengan metode tasawuf nubuwah juga berhasil membangkitkan semangat entrepreneurship pada para siswa sehingga siap untuk merespons globalisasi. Pendidikan  akhlak   yang   berbasis  Tasawuf melalui zikir dan awrad merupakan  penawaran  model  baru dalam  dunia  pendidikan  dengan  harapan  adanya  kerjasama  dan  dukungan  dari  semua  pihak,  baik  pemerintah  maupun  masyarakat  terutama  para  ulama  Muslim.

 

Kata Kunci: Sufisme; Pendidikan; Ekonomi; Modernitas

 

Abstract

Covid 19 pandemic is affecting all aspects of life including education. More than 370 million children and youth are not studying due to temporary or indefinite closures, including in Indonesia as an effort to break the chain of the spread of covid 19. This epidemic ultimately has an impact on the psychology of students. Psychological trauma experienced by students makes them lose their motivation to learn. Because it is important for every educator to find a solution to revive the psychology of students in learning so that the learning outcomes that have been determined can be successful. This study examines how the general description of the Idrisiyyah congregation is and how this tarekat is able to make remembrance and awrad to awaken students' psychology in post-pandemic learning so that they are able to respond to the challenges of globalization. Sheikh Akbar Muhammad Fathurrahman as a mursyid of the Idrisiyyah Tarekat succeeded in making remembrance and awards as a means to arouse the enthusiasm of learning for the students of Al-Idrisiyyah Islamic Boarding School in Tasikmalaya during the covid 19 pandemic. respond to globalization.

 

Keywords: Sufism; Education; Economy; modernity

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Afendi, A. H., Djubaedi, D., Nurulrosidin, D., & Sumanta, S. (2021). METODE ZIKIR DAN AWRAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POST PANDEMIC COVID 19 DI PONDOK PESANTREN AL-IDRISIYYAH TASIKMALAYA. Jurnal PGSD, 7(2), 42–53. https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2456