PENGARUH COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 4 PALIMANAN TIMUR KECAMATAN PALIMANAN KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2444Abstract
Abstrak
Sistem pendidikan di Indonesia sedang mengalami tantangan baru yang disebabkan karena adanya wabah virus Covid-19, yang menyebabkan seluruh sistem pembelajaran di lemabaga pendidikan dialihkan kepada metode pembelajaran online atau dalam jaringan (daring). Adanya gangguan dalam proses pembelajaran menyebabkan terjadinya beberapa perubahan terhadap peserta didik yang pada akhirnya berpengaruh terhadap motivasi belajarnya. Seperti halnya pada siswa kelas IV sudah lama meninggalkan sekolah. Dengan menggunakan strategi collaborative learning antara guru, siswa disertai dengan dukungan orang tua diharapkan dapat meningkatkan kembali motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini ingin membuktikan bahwa collaborative learning memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa dalam satu kelas. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen, dengan Pre-Experimental Designs menggunakan rancangan One Shot Case Study Design. Pengumpulan data diakukan dengan menggunakan angket. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa setelah diberikan perlakuan memperoleh nilai yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata 3,02 dari pada sebelum diberikan perlakuan dengan nilai rata-rata 1,74. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 8,891 dan ttabel dengan taraf 5% sebesar 1,997. Dengan demikian menunjukkan bahwa collaborative learning terdapat perbedaan pada motivasi belajar siswa kelas IV SDN 4 Palimanan Timur Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon.
Kata Kunci: Collaborative Learning,Motivasi Belajar.
Abstract
The education system in Indonesia is experiencing new challenges caused by the Covid-19 virus outbreak, which has caused the entire learning system in educational institutions to be shifted to online or online learning methods. The existence of disturbances in the learning process causes some changes to students which ultimately affect their learning motivation. As in the fourth grade students have long left school. By using collaborative learning is expected to increase student learning motivation. The purpose of this study is to prove that collaborative learning has a significant influence on students' learning motivation. The sample used in this study amounted to 33 students in one class. This research is an experimental research, with Pre-Experimental Designs using One Shot Case Study Design. Data collection was carried out using a questionnaire. The results in this study indicate that students' learning motivation after being given treatment got a higher score with an average value of 3.02 than before being given treatment with an average value of 1.74. After testing the hypothesis using the t-test, it was obtained that tcount was 8.891 and ttable with 5% level was 1.997. Thus, it shows that collaborative learning has differences in the learning motivation of fourth grade students at SDN 4 Palimanan Timur, Palimanan District, Cirebon Regency.
Keywords: Collaborative Learning, Motivation to Learn