PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR (PAPIN) DAN KATALOG AJAIB (KAJIB) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 KALIWALU

Authors

  • Andreani Yosiva Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Budi Hendrawan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Anggia Suci Pratiwi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2442

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan penerapan media pembelajaran papin dan kajib pada materi luas dan keliling bangun datar Kelas IV SDN 1 Kawalu. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan R&D type 4-D dengan adanya sedikit modifikasi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN 1 Kawalu yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, angket, dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif, dan analisis berupa hasil tes siswa yaitu pretest dan posttest.  Adapun hasil penelitian ini: (1) media pembelajaran papin dan kajib layak digunakan dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli media memperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kriteria sangat baik, ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kriteria sangat baik, dan validasi guru memperoleh skor rata-rata 4,875 dengan kriteria sangat baik. (2) Penilaian siswa terhadap media pembelajaran papin dan kajib memperoleh skor rata-rata 4,775 dengan kriteria sangat baik. (3) Hasil tes awal siswa memperoleh skor rata-rata 45 dan tes akhir memperoleh skor rata-rata 76,56. Berdasarkan hasil analisis menggunakan statistik uji paired sample t-test menghasilkan thitung   14,571 dan ttabel  adalah 2,04 yang artinya thitung ? ttabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran papin dan kajib pada materi luas bangun datar di SDN 1 Kawalu.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Papin dan Kajib, Matematika.

 

Abstract

This research aims to knowing the development and apply the learning media smart board  and magic bag on learning materials of area and circular building learning materials in grade 4 elementary at sdn 1 kawalu. The research method that used this research is development of R&D type 4-D with slight modifications. The subjects of this research are 32 students in grade IV SDN Kawalu. The technique of collecting the data in this research was collected through interview, observation, questionnaire and test. And also the technique of data analysis used qualitative and quantitative in the form of students test result is pretest and posttest. The result of this research are : (1) learning materials smart board and magic bag are feasible to use because it can be proven with the validation results from media experts that they get an average score very good criteria, and the experts of this materials get an average score very good criteria, and teacher validation gets an average score very good criteria. (2) Student assessment of smart board) and magic bag as learning media obtained an average score very good criteria. (3) In the first test, the students obtained an average score lower and the final test results obtained an average score higher. So, it can be concluded that smart board and magic bag as learning media can be used as learning media and can improve student learning outcomes for the area and Circular Building.

 

Keywords : Learning Media, Papin dan Kajib, Mathematics.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Yosiva, A., Hendrawan, B., & Pratiwi, A. S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR (PAPIN) DAN KATALOG AJAIB (KAJIB) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 KALIWALU. Jurnal PGSD, 7(2), 20–16. https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2442