PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Teni Tutiareni Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Budi Hendrawan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Muhammad Fahmi Nugraha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2441

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas V SDN 2 Tuguraja, Cihideung, Kota Tasikmalaya. Dalam penelitian ini pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik yang akan dilaksanakan yaitu menggunakan tahap matematika konkret dengan bantuan media benda nyata dan model alat peraga berupa play-doh dan kertas origami. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Tuguraja, dengan jumlah 18 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh, cara pengambilan sempelnya secara random, yang menghasilkan 9 siswa kelas eksperimen dan 9 siswa kelas kontrol. Obyek penelitian adalah hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan menggunakan pembelajaran matematika realistik. Untuk menguji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas konstrak dengan menggunakan pendapat ahli (experts jugdement) dan validitas isi dengan mengujicobakan ke sekolah yang berbeda. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  bahwa t hitung sebesar 2.456 dengan probabililitas signifikansi (two tailed) 0,000, karena signifikansi (two tailed)1/2  a (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Tuguraja pada materi soal cerita pecahan. Hal itu juga didukung oleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 77,56 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu sebesar 62,78.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, Matematika, Pembelajaran Matematika Realistik.

 

Abstract

This study aims to improve mathematics learning outcomes in learning arithmetic operations for fifth grade students at SDN 2 Tuguraja, Cihideung, Tasikmalaya City. In this study, learning with a realistic mathematical approach that will be carried out is using a concrete mathematical stage with the help of real object media and teaching aid models in the form of play-doh and origami paper. This research is a quasi-experimental research (quasi-experimental) using the Pretest-Posttest Nonequivalent control group design. The population in this study were all fifth grade students of SDN 2 Tuguraja, with 18 students. Sampling using the Saturated Sampling technique, the sampling method was random, which resulted in 9 students in the experimental class and 9 students in the control class. The object of research is the result of learning arithmetic operations using realistic mathematics learning. To test the validity of the instrument in this study using construct validity using expert opinion (experts judgment) and content validity by testing it with different schools. The research data were obtained from learning outcomes tests, and were analyzed descriptively quantitatively. The results show that t count is 2.456 with a significance probability (two tailed) 0.000, because the significance (two tailed) < 1/2 a (0.05), then Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that there is an effect of realistic mathematics learning approach on the results. 5th grade students of SDN 2 Tuguraja learn about story problems. This is also supported by the posttest average value of the experimental class which is 77.56, which is greater than the control class, which is 62.78.

 

Keywords: Learning Outcomes, Mathematics, Realistic Mathematics Learning.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Tutiareni, T., Hendrawan, B., & Nugraha, M. F. (2021). PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD, 7(2), 12–19. https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2441