FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI NON AKADEMIK SISWA PADA EKSTRAKURIKULER PASUKAN KHUSUS (PASSUS) PRAMUKA DI SMP ISLAM TERPADU AL KAHFI BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2440Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi prestasi non akademik siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, penelitian ini menggunakan metode studi lapangan atau lebih dikenal dengan field research. Dari kajian lapangan di SMPIT Al Kahfi bogor peneliti menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi siswa pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang diwakili oleh pasukan khusus (passus Al Kahfi), passus adalah sekumpulan siswa pilihan yang dididik dan dibina secara khusus oleh pembina pramuka untuk mewakili SMPIT Al kahfi dalam lomba kepramukaan, secara umum ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi passus Al kahfi dalam lomba kepramukaan, yang pertama adalah faktor eksternal yang terdiri dari dukungan dari pembina, teman teman angkatan, orang tua, dan kepala sekolah, yang kedua adalah faktor internal yang terdiri dari kekuatan niat dan spiritual., latihan keras, kompak dan saling menguatkan, disiplin tepat waktu dan pembiayaan.
Kata Kunci: Passus Al Kahfi, Prestasi, Ekstrakurikuler, Pramuka
Abstract
The purpose of this study was to find out about the factors that influence students' non-academic achievement in scout extracurricular activities, this study used the field study method or better known as “field research”. From a field study at SMPIT Al Kahfi Bogor, researcher found several factors that affect student achievement in scout extracurricular activities represented by special forces (Passus Al Kahfi), Passus is a selected group of students who are specially educated and fostered by scoutmasters/instructor to represent SMPIT Al Kahfi In the scouting competition, in general there are two factors that affect the achievement of Passus Al Kahfi in the scouting competition, the first is an external factor consisting of support from the coach, friends in the same level, parents, and the school principal. The second is an internal factor, consisting of strength of intention and spirituality, hard training, compactness and mutually reinforcing, disciplined on time and financing.
Keywords: Passus Al kahfi, Achievement, extracurricular, Scout