Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) Berbasis Kebutuhan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v11i2.7658الملخص
Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) di tingkat sekolah dasar merupakan instrumen penting dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya penyusunan RKAS berbasis kebutuhan aktual peserta didik serta tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan deskriptif analitis melalui kajian berbagai sumber literatur, regulasi pendidikan, serta hasil penelitian terdahulu. Hasil kajian menunjukkan bahwa lebih dari 60% sekolah dasar masih menyusun RKAS dengan meniru pola anggaran tahun sebelumnya tanpa mempertimbangkan perkembangan kebutuhan peserta didik dan dinamika kurikulum. Kondisi ini menimbulkan kesenjangan antara prinsip perencanaan berbasis kebutuhan yang diamanatkan dalam kebijakan dengan praktik yang terjadi di lapangan. Artikel ini merekomendasikan peningkatan kapasitas kepala sekolah melalui pelatihan penyusunan RKAS berbasis analisis kebutuhan, penguatan monitoring dan evaluasi implementasi anggaran, serta optimalisasi partisipasi warga sekolah dengan dukungan teknologi sederhana. Dengan perencanaan yang lebih berbasis data dan kebutuhan riil, RKAS dapat menjadi instrumen strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan manajemen sekolah dasar secara berkelanjutan.
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2025 Meti Wigiyantini, Maman Suryaman

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.