Pengaruh Pemanfaatan Model PjBL Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Kelas VI SDN Gondang 1

المؤلفون

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v11i2.7290

الملخص

Pembelajaran Statistika di tingkat sekolah dasar seringkali menghadapi kesulitan dalam menyampaikan konsep-konsep yang bersifat abstrak. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan pemahaman siswa adalah penerapan model pembelajaran berbasis proyek atau Project based learning (PjBL) dengan diferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model PBL berdiferensiasi pada materi Statistika  terhadap hasil belajar siswa di kelas VI SDN Gondang 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pra-exsperimental dengan desain pretest-posttest one group. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling yang memperoleh 31 siswa sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang diberikan berupa tes sebelum dan sesudah pembelajaran. Data dianalisis menggunakan uji t-berpasangan (paired sample t-test) dan n-gain untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang menunjukkan bahwa model PjBL berdiferensiasi efektif dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar konsep statistika. Namun, berdasarkan perhitungan n-gain, peningkatan skor rata-rata siswa sebesar 19,19% termasuk dalam kategori rendah. Meskipun ada peningkatan yang signifikan, hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berdiferensiasi memerlukan penguatan lebih lanjut untuk meningkatkan efektivitasnya.

 

Kata Kunci: PjBL Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Statistika

منشور

2025-12-11

كيفية الاقتباس

Pengaruh Pemanfaatan Model PjBL Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Kelas VI SDN Gondang 1. (2025). Jurnal PGSD, 11(2). https://doi.org/10.32534/jps.v11i2.7290