PENERAPAN APLIKASI BAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS BELAJAR SISWA DI SB SUNGAI BULOH MALAYSIA

المؤلفون

  • Bayu Anggara Universitas Muhammadiyah Kuningan image/svg+xml
  • Tio Heriyana ، ، Univeritas Muhammadiyah Kuningan
  • Hermawan Hermawan ، ، Univeritas Muhammadiyah Kuningan
  • Oman Hadiana ، ،
  • Hana Astria Nur ، ،

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v11i1.7015

الملخص

 

Abstrak

Proses pembelajaran yang dilakukan dengan berbagai media untuk mencapai tujuan proses pembelajaran yang efektif dan efisien tidak selalu cocok, penyebab biasanya karena kebiasaan belajar, kurangnya minat dan pemahaman siswa, ada beberapa faktor kegagalan siswa dalam mencapai tujuan belajar yang efektif dan efisien diantaranya faktor internal yang biasanya berasal dari diri siswa tersebut,seperti pemahaman materi yang kurang,kurangnya motivasi, faktor eksternal biasanya berasal dari luar siswa seperti lingkungan belajar, keluarga, serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Berdasarkan observasi terhadap guru pada saat proses pembelajaran menunjukan aktivitas siswa dalam proses belajar pada saat pembelajaran rendah dan pasif, siswa hanya menerima materi, kurangnya minat memperhatikan materi yang disampaikan guru, kurang beraninya siswa menyampaikan pendapatnya, sehingga pemahaman siswa sangat minim terhadap materi pembelajaran matematika. Konstruksi pembelajaran yang baik adalah apabila pembelajaran tersebut dilakukan berpusat pada siswa. Oleh karena itu sebagai solusi dari permasalahan yang ada pada penelitian ini penulis menerapkan aplikasi Bamboozle, dimana pemahaman siswa terhadap pembelajaran berfokus pada siswa yang mengerjakan atau memahami materi melalui aplikasi Bamboozle. Serta untuk evaluasi penilaian dan untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran dan menunjukan minatnya tehadap materi pembelajaran yang diberikan serta hasil belajar yang meningkat. Hasil penelitian dari penerapan Aplikasi Bamboozle ini memiliki hasil akhir peroleh hasil perhitungan uji hipotesis (t-test) di ketahui rata-rata hasil posttest sebesar 83,33 sedangkan nilai pretest sebesar 68,33 sehingga diketahui skor hasil belajar posttest lebih besar dibandingkan dengan pretest. Diketahui juga nilai Thitung sebesar 2,247 , Nilai T tabel adalah 2.179 . Jadi dapat disimpulkan bahwa Thitung > Ttabel (2,247> 2,179) dan nilai signifikasinya lebih kecil dari 0,05 (p=0,000 < 0,05), sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan pemahaman matematis setrapeningkatan hasil belajar secara signifikan pada nilai Pretest dan posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Belajar, Pemahaman Matematis, Aplikasi Bamboozle

منشور

2025-05-19

إصدار

القسم

Articles

كيفية الاقتباس

PENERAPAN APLIKASI BAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS BELAJAR SISWA DI SB SUNGAI BULOH MALAYSIA. (2025). Jurnal PGSD, 11(1). https://doi.org/10.32534/jps.v11i1.7015