PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V di SDN NANGKA KUNINGAN JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v10i2.6175الملخص
Abstrak
Berdasarkan penelitian diketahui bahwa tingkat pemahaman siswa kelas V SD negeri Nangka rendah diakibatkan dari minimnya penggunaan media belajar yang relevan. Sehingga tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh media diorama terhadap pemahaman siswa pada pelajaran IPA kelas V SD Negeri Nangka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Pre-Eksperimen Desain dengan One Grup Pretest-Postest design yang dilaksanakan SD Negeri Nangka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Nangka semester genap tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dalam bentuk essay. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa dilihat dari nilai rata-rata posttest yaitu 79,80 sedangkan nilai rata-rata pretest hanya sebesar 46,50. Hasil Uji Paired Sample T-Test yang digunakan untuk mengetahui hasil uji beda kemampuan pemahaman siswa diperoleh hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman siswa.
Kata Kunci: Media Diorma, Pemahaman Peserta Didik.