PERAN GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA PADA ERA SOCIETY DI MI MUHAMMADIYYAH NGADIREJAN PRINGKUKU PACITAN

المؤلفون

  • Tri Yuliani ، ، Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v10i1.5739

الملخص

:    Pentingnya  pembentukan  karakter  anak  menjadikan  guru  berperan penting  di dalamnya. Guru selain mendidik, juga harus membimbing, dan juga menjadi suri tauladan. Dalam penelitian ini memberikan gambaran baru terhadap peran penting seorang guru terhadap pembentukan akhlaq siswa pada era 5.0 (society). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perubahan akhlak siswa di era 5.0, dan bagaimana peran guru sebagai pendidik untuk membentuk akhlaq siswa yang lebih baik, dan berkarakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, yang mana pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, dan observasi secara mendalam, sehingga memberikan hasil yang maksimal dan akurat. Hasil dari penelitian adalah kondisi akhlak siswa MI Muhammadiyyah Ngadirejan Pacitan ini cukup baik secara umum, akan tetapi ada beberapa unsur yang menjadikan beberapa siswa masih memiliki akhlak yang kurang baik. Peran guru dalam membentuk akhlak siswa diera society terbagi menjadi tiga: 1. Sebelum proses pembelajaran: guru sebagai desainer instruksional, guru sebagai suri tauladan serta guru sebagai orang tua. 2. Guru dalam proses pembelajaran sebagai organizer, motivator, fasilitator, inovator, dan mentor. 3. Setelah belajar: guru sebagai supervisor dan evaluator.

منشور

2024-06-22

إصدار

القسم

Articles

كيفية الاقتباس

PERAN GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA PADA ERA SOCIETY DI MI MUHAMMADIYYAH NGADIREJAN PRINGKUKU PACITAN. (2024). Jurnal PGSD, 10(1). https://doi.org/10.32534/jps.v10i1.5739