Peran Moderasi Pengungkapan Corporate Social Responsibility: Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.32534/jpk.v11i3.5823Kata Kunci:
Return on Asset, Current Ratio, CSR, Kinerja Keuangan, NIlai PerusahaanAbstrak
Nilai perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020 mengalami isu naik turunnya nilai perusahaan yang disebabkan karena regulasi yang tidak pasti, sikap nasionalisme yang tinggi kepada sumber daya alam indonesia, dan minat investasi pada perusahaan yang semakin menurun. Penurunan investasi akan berdampak pada nilai perusahaan. Nilai perusahaan pada sektor pertambangan ini juga mengalami fluktasi, hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan yang mengalami penurunan laba sampai dengan mengalami kerugian sehingga menimbulkan pemutusan hubungan kerja. Untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi. Menggunakan metode regresi linear berganda dan MRA dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan likuiditas (CR) berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan pengungkapan CSR dapat memoderasi profitabilitas (ROA) dan likuiditas terhadap nilai perusahaan.
Unduhan
Referensi
Agustian, E. L., & Ekadjaja, A. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Kinerja Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. (Studi Empiris terhadap perusahaan manufaktur pada tahun 2017-2019 yang telah terdaftar di BEI). Jurnal Paradigma Akuntansi, 4(3), 1032–1044. https://doi.org/10.24912/jpa.v4i3.19726
Ahmed, M. M. A., Hassan, Ali, D. K. A. E. S., & Magar, N. H. A. (2024). The moderating role of board gender diversity on the relationship between audit committee characteristics and financial performance: evidence from Egypt. Journal of Financial Reporting and Accounting, April. https://doi.org/10.1108/JFRA-12-2023-0746
Ali, J., Faroji, R., & Ali, O. (2021). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). Jurnal Neraca Peradaban, 1(2), 128–135. https://doi.org/10.55182/jnp.v1i2.36
Anggraini, S. D., & Asyik, N. F. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 11(5), 1–23. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4542
Ardiansyah, G. G. K. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(1), 367-375. https://doi.org/10.24912/jpa.v2i1.7165
Chynthiawati, L., & Jonnardi, J. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 4(4), 1589–1599. https://doi.org/10.24912/jpa.v4i4.21390
Harfani, A. N., & Nurdiansyah, D. H. (2021). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(1), 497–505. https://doi.org/10.31539/costing.v5i1.2818
Hidayat, I., & Khotimah, K. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan sub sektor kimia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i1.1175
Iman, C., Sari, F., & Pujianti, N. (2021). Tinjauan teoritis likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(3), 531–534.
Kolamban, D. V, Murni, S., & Baramuli, D. N. (2020). Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(3), 174–183. https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.29862
Mahanani, H. T., & Kartika, A. (2022). Pengaruh struktur modal, likuiditas, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 360–372. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i1.2280
Mercyana, C., Hamidah, & Kurnianti, D. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan Infrastruktur yang Terdaftar di BEI Periode 2016–2020. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 3(1), 101–113. https://doi.org/10.21009/jbmk.0301.08
Nurhasanah, A., & Kahfi, Z. (2023). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Bata Ilyas Educational Management Review, 3(2), 1–13. https://doi.org/10.37531/biemr.v3i1.685
Nuriawan. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi oleh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) Nuriwan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 6(1), 11–24. https://doi.org/10.17509/jrak.v6i1.10225
Pradita, R. A., & Suryono, B. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 8(2), 1–17. https://doi.org/10.31932/jpe.v4i2.567
Prena, G. Das, & Muliyawan, I. G. I. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi), 19(2), 131–142. https://doi.org/10.22225/we.19.2.1955.131-142
Rivandi, M., & Petra, B. A. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2571–2580. https://dx.doi.org/10.47492/jip.v2i8.1094
Rossa, P. A. E., Susandya, A. A. P. G. B. A., & Suryandari, N. N. A. (2023). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan Perusahaan Perbankan di BEI 2019-2021. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 5(1), 88–99. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/kharisma/article/view/6330
Shafina, F., & Anwar, S. (2021). Determinan Pada Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Nasional Akuntansi, 1(1), 513–524. https://doi.org/10.33005/senapan.v1i1.266
Stevanio, L., & Ekadjaja, A. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 3(1), 92-100. https://doi.org/10.24912/jpa.v3i1.11409
Suryani, L., & Wijayanti, (2022). Kinerja Bank Syariah : Pengungkapan ICSR Berdasarkan Teori Stakholder Dari Perspektif Islam. Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 478–486. https://doi.org/10.34308/eqien.v10i1.564
Sutama, D. R., & Lisa, E. (2018). Pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan sektor manufaktur food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Sains Manajemen dan Akuntansi, X(2), 65–85.
Turrohma, Z. A., & Sudiyatno, B. (2023). Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan, Dengan Corporate Social Responsibility (Csr) Sebagai Variabel Moderisasi. Jesya, 6(2), 1730–1740. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1116
Utami, R., & Yusniar, M. W. (2020). Pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (Icsr) Dan Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening). EL Muhasaba Jurnal Akuntansi, 11(2), 162–176. https://doi.org/10.18860/em.v11i2.8922
Wardhani, D. G., & Sugiharto, T. (2013). Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Intensitas Pengungkapan Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), 5, 128–139. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/171451-ID-pengaruh-kinerja-keuangan-ukuran-perusah.pdf
Wulandari, C., & Efendi, D. (2021). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 1(2), 128–135. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4649
Zanetty, V., & Efendi, D. (2022). Pengaruh Free Cash Flow, Likuiditas, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 11(2), 1–17. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4482
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Idrawahyuni Idrawahyuni, Sitti Zulaeha, Rustan Rustan, Nur Ismi Barda, Andi Arifwangsa Adiningrat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















