Factors Affecting Tax Revenue at KPP Pratama Ternate City
DOI:
https://doi.org/10.32534/jpk.v11i1.5548Kata Kunci:
E-Commerce, Tax Audit, Information Technology, Account Representative, E-Tax, Tax RevenueAbstrak
Pajak memiliki peranan penting dalam kehidupan negara dan implementasi pembangunan. Penerimaan pajak sangat dibutuhkan untuk hal ini. Penerimaan yang tidak sesuai dengan target tentunya akan menjadi kendala dalam proses pembangunan negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Transaksi E-Commerce, Pemeriksaan Pajak, Teknologi Informasi, Profesionalisme Account Representative dan Aplikasi E-Tax Terhadap Penerimaan Pajak pada KPP Pratama Kota Ternate. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Kota Ternate. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. dengan jumlah sampel sebanyak 399 responden dan menggunakan data primer. Alat uji yang digunakan adalah analisis regresi linier partial (Partial Least Square/PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Transaksi e-commerce tidak berpengaruh terhadap penerimaan pajak. Sedangkan Pemeriksaan, Teknologi informasi, Profesionalisme account representative dan Aplikasi e-tax berpengaruh terhadap penerimaan pajak.
Unduhan
Referensi
Agustin, A. W., Darmansyah, D., & Suyanto, S. (2020). Kepatuhan, Pemeriksaan, Penagihan dan Penerimaan Terhadap Pajak dengan Peran Account Representative Sebagai Pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 7(1), 79–94. https://doi.org/10.35838/jrap.v7i01.1390
Alexandra, A. (2021). Pengaruh E-Tax , Pengetahuan Perpajakan dan Tarif Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, III(1), 1–9. https://doi.org/10.24912/jpa.v3i1.11397
Amilin. (2016). Peran Konseling, Pengawasan, Dan Pemeriksaan Oleh Petugas Pajak Dalam Mendorong Kepatuhan Wajib Pajak dan Dampaknya Terhadap Penerimaan Negara. Jurnal Akuntansi, 20(2), 285. https://doi.org/10.24912/ja.v20i2.59
Amirudin, T., & Sahrani, I. (2021). Geliat E-Commrce dan Penerimaan Pajak Dimasa Pandemi. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. Retrieved from http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Aprilianto, B., & Hidayat, A. (2020). Pengaruh Bisnis E-Commerce dan Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak (Studi Kasus Wajib Pajak Yang Terdaftar di KPP Kelapa Gading). EkoPreneur, 1(2), 156. https://doi.org/10.32493/ekop.v1i2.4796
Atarwaman, R. J. D. (2020). Pengaruh Kepemilikan NPWP, Pemeriksaan Pajak, Peneriman Pajak, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak. Jurnal Akuntansi, 6(2), 1–17.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. 13(3), 319–340. https://doi.org/10.5962/bhl.title.33621
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. 13(3), 319–340. https://doi.org/10.5962/bhl.title.33621
Desa, D. B. (2016). Pengaruh Sanksi , Sosialisasi dan Administrasi Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kelurahan Gates Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. 10090099, 10090099.
Giroth, D., Saerang, D. P. E., & Warongan, J. D. L. (2016). Analisis Efektivitas Pemeriksaan Pajak Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bitung. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 971–981. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jbie/article/view/14129
Gunawan, I. K. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Semarang). 126(1), 1–7.
Hanafie, H. (2016). Dampak E-Commerce Atas Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Makassar Selatan. AKMEN Jurnal Ilmiah, 13(4), 637–654. Retrieved from https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/akmen/article/view/213
Harimulyono, N. (2008). Pengaruh Efektivitas Administrasi Perpajakan Dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Daerah. Media Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.31227/osf.io/b84qp
Heider, F. (1958). The Psychology of Interpersonal Relations. The Psychology of Interpersonal Relations. https://doi.org/10.4324/9780203781159
Herina, P., & Nensi, V. (2017). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Hubungan antara Persepsi Penerapan Sistem E-Filing dengan Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan yang Dimediasi oleh Perilaku Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama J. Profita : Komunikasi Ilmiah Dan Perpajakan, 10(2), 5–24. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/236693/pengaruh-persepsi-kegunaan-dan-persepsi-kemudahan-penggunaan-terhadap-hubungan-a
Hair, J. F., Black, W. C., Babin. B. J. (2019). Multivariate Data Analysis. (8th ed.). Cengage.
Ika. (2021, 29 Januari). KPP Pratama Ternate Raup Penerimaan Pajak Rp 1,2 Triliun pada 2020. Tanda Seru. Retrieved from https://www.tandaseru.com/2021/01/29/kpp-pratama-ternate-raup-penerimaan-pajak-rp-12-triliun-pada-2020/
Kastolani, O. J. Y., & Ardiyanto, M. D. (2017). Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak dan Pemeriksaan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan. Diponegoro Journal of Accounting, 6(3), 669-679. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/19286
Kelley, H. H. (1973). The process of causal attribution. American Psychologist, 38(February), 107–128. Retrieved from http://www.communicationcache.com/uploads/1/0/8/8/10887248/the_processes_of_causal_attribution.pdf
Kementerian Keuangan. (2013). Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.03/2013 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pemeriksaan. Jakarta. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Details/149608/pmk-no-17pmk032013
Kementerian Keuangan. (2014). PMK No. 115/PMK.05/2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 32/PMK.05/2014 Tentang Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik. Jakarta. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Details/112805/pmk-no-115pmk052017
Khatwa, I. R., Afifudin, & Aminah, S. (2020). Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak, Profesionalisme Account Representative dan Aplikasi E-Tax Terhadap Penerimaan Pajak KPP Pratama TulungAgung. Jurnal Riset Akuntansi, 9(2), 37–52.
Maria, D. (2013). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Tingkat Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandar Lampung. 1(1), 38-54. https://doi.org/10.30873/jbd.v1i1.193
Nabilah, Q. G., & Angraini, D. (2021). Pengaruh transaksi e-commerce, pengawasan pajak dan pemeriksaan pajak terhadap penerimaan pajak pada kpp pratama kebon jeruk dua. 2(2), 259–270. https://doi.org/10.32493/ekop.v2i2.9942
Ningsih, S. W. (2018). Pengaruh Kompetensi Account Representative dan Independensi Account Representative Terhadap Strategi Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Belawan. Skripsi. Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Medan Area. Retrieved from http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9754
Noviana, R., & Parjiana. (2015). Analisis Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan. Valuta, 1(1), 195–214. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/1135/701
Pemerintah Pusat. (2007). Undang-undang (UU) Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Jakarta. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Details/39916/uu-no-28-tahun-2007
Putri, M. (2018). Pengaruh E-Filing, E-Biling, dan E-Tax terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/7732/PENGARUH%20E-FILING%2C%20E-BILIING%2C%20DAN%20E-TAX%20TERHADAP%20KEPATUHAN%20WAJIB%20PAJAK%20-%2014312167%2C%20MEITY%20MUHRANI%20PUTRI.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Rachdianti, F. T., Astuti, E. S., & Susilo, H. (2016). Pengaruh Penggunaan E-Tax Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Terdaftar di Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 11(1), 1–7. Retrieved from http://perpajakan.studentjournal.ub.ac.id/index.php/perpajakan/article/view/300/292
Sari, N. P. Y., & Jati, I. K. (2019). Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Pengetahuan Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Pada Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Akuntansi, 26(16), 310. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i01.p12
Septriliani, L., & Ismatullah, I. (2021). Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 6(1), 92–102. https://doi.org/10.29407/jae.v6i1.14750
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-23). ALFABETA.
Suryani, L. (2019). Teknologi Informasi, Profesionalisme Account Representative Dan Aplikasi E-Tax Terhadap Penerimaan Pajak. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 7(1), 26. https://doi.org/10.32493/jiaup.v7i1.2202
Utomo, E. M. (2013). Transaksi E-commerce Sebagai Potensi Penerimaan Pajak di Indonesia. Jurnal Akuntansi Akunesa, 2(1), 1–20. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-akuntansi/article/view/6516
Wahyuni, N. I. (2011). Dampak E-Commerce Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kpp Pratama Kota Bandung. 1–19. Retrieved from https://elib.unikom.ac.id/download.php?id=173260
Widayati, I. A., & Adjis, D. O. K. (2019). Pengaruh Pelayanan Account Representative (AR) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. 3(2), 163–171. https://doi.org/10.25139/jai.v3i2.2118
Wijayanto, A. (2012). Pengaruh Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak ( Study Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta ). Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/21681/10/2.NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dwi Yana Amalia Sari Fala, Meliana Meliana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















