Perspektif Mahasiswa Akuntansi Terhadap Faktor-Faktor Penentu Karirnya Sebagai Auditor Pemerintah
DOI:
https://doi.org/10.32534/jpk.v11i1.5301Kata Kunci:
Self-Efficacy, Outcome Expectation, Goal Career, Government AuditorsAbstrak
Artikel ini mengkaji faktor-faktor internal yang memengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk menjadi auditor pemerintah di Indonesia. Artikel ini menggunakan Social Cognitive Career Theoriy sebagai kerangka penelitian. Faktor-faktor internal yang diteliti dalam artikel ini meliputi self-Efficacy (Efikasi Diri) dan Outcome Expectation (Harapan Hasil). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 170 mahasiswa aktif prodi Akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Self Efficacy dan Outcome Expectation terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk menjadi auditor pemerintah. Hasil penelitian ini dapat berkontribusi bagi penyelenggara Pendidikan untuk memberikan eksposur yang lebih masif kepada mahasiswanya agar dapat mendorong mahasiswanya memilih dan berkontribusi secara linear dengan disiplin ilmunya utamanya untuk menjadi auditor pemerintah.
Unduhan
Referensi
Adediran, S. A, Josiah, M., Ozele, C. E., & Veronica, S. U. (2012). Demand and supply of accounting and audit services to small scale business in Nigeria. Asian Journal of Business Management, 4(1), 75–80. Retrieved from https://maxwellsci.com/print/ajbm/v4-75-80.pdf
Aditya, M. R., & Hasibuan, A. B. (2020). Pengaruh Persepsi, Gender dan Tipe Kepribadian Mahasiswa Terhadap Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi Sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Darma Persada). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 19(1), 43–57. https://doi.org/10.22225/we.19.1.1579.43-57
Akbulut, A. Y. (2016). Majoring in Information Systems: An Examination Of Role Model Influence. Journal of Educational Computing Research, 54(5), 660–679. https://doi.org/10.1177/0735633115627825
Amalina, I. K., Amirudin, M., & Budiarto, M. T. (2018). Students’ Creativity: Problem Posing in Structured Situation. Journal of Physics: Conference Series, 947(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012012
Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (2021). Laporan Tahunan 2022 Badan Pemeriksa Keuangan. Jakarta.
Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (2022). Laporan Tahunan 2022 Badan Pemeriksa Keuangan. Jakarta.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy : The Exercise Of Control. New York: W.H. Freeman and Company.
Bandura, A., & Wessels, S. (1994). Self-efficacy (Vol. 4, pp. 71-81). New York: Academic Press. (Reprinted in H. Friedman (Ed.) (1998). Encyclopediaof Mental Health. San Diego: Academic Press).
Dewi, L., & Lestari, P. (2020). Implementasi Theory of Planned Behavior (Tpb) Pada Pengukuran Persepsi Pendapatan Bunga Bank Konvensional. El-Jizya: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 176–209. https://doi.org/10.24090/ej.v8i2.3970
Dobrow, S. R., & Tosti?Kharas, J. (2011). Calling: The development of a scale measure. Personnel Psychology, 64(4), 1001–1049. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.2011.01234.x
Elen, T., Mayangsari, S., & Prihatini, D. (2023). Profesi Akuntan Publik, Kini Dan Nanti (Persepsi Kebutuhan akan Jasa Audit). Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, M., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.0. untuk Penelitian Empiris (2nd ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gore Jr, P. A., & Leuwerke, W. C. (2000). Predicting occupational considerations: A comparison of self-efficacy beliefs, outcome expectations, and person-environment congruence. Journal of Career Assessmen, 8(3), 237–250. https://doi.org/10.1177/106907270000800303
Gunawan, V. P., & Yuliati, R. (2019). Aplikasi Model Social Cognitive Career Theory Untuk Memprediksi Niat Mahasiswa Bekerja Sebagai Akuntan Publik. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan, Dan Akuntansi, 11(1), 35–54. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v11i1.1203
Hair, J. F., Hult, G. T. M., RIngle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Los Angeles: Sage Publications.
Hidayat, Wahyu, W., Yuniati, T., Prasetyo, E. T., & Husadha, C. (2021). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage Dan CSR 62Terhadap Nilai Perusahaan, Studi Kasus Perusahaan Jasa di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(1). http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i1.893
Hutami, D. M., Kholid, M. N., & Salsabilla, S. (2022). Choosing a Career as a Public Accountant : Does Calling Matter? Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 14(2), 157–166. https://doi.org/10.23969/jrak.v14i2.5576
Iswahyuni, Y. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir menjadi akuntan publik oleh mahasiswa program studi akuntansi STIE AKA Semarang. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 5(1), 33–44. https://doi.org/10.30656/jak.v5i1.501
Kholid, M. N., Tumewang, Y. K., & Salsabilla, S. (2020). Understanding Students’ Choice Of Becoming Certified Sharia Accountant In Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 7(10), 219–230. http://dx.doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no10.219
Kholid, Muamar Nur, Alvian, S., & Tumewang, Y. K. (2020). Determinants Of Mobile Accounting App Adoption By Micro, Small, And Medium Enterprise In Indonesia. Journal of Accounting and Strategic Finance, 3(1), 52-70. https://doi.org/10.33005/jasf.v3i1.74
Lastuti, S., & Dandri. (2018). Pengaruh Self Efficacy, Ekspektasi Hasil Dan Ketertarikan Personal Pada Pilihan Karir Konsultan Keuangan : Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Di Surakarta. Buletin Ekonomi, 16(2), 137–261. Retrieved from http://eprints.upnyk.ac.id/18280/1/Des%202018%206%20be%20upnyk.pdf
Lent, R. W., Brown, S. D., & Hackett, G. (1994). Toward A Unifying Social Cognitive Theory Of Career And Academic Interest, Choice, And Performance. Journal of Vocational Behavior, 45(1), 79–122. https://doi.org/10.1006/jvbe.1994.1027
Liguori, E., Winkler, C., Vanevenhoven, J., Winkel, D., & James, M. (2020). Entrepreneurship As A Career Choice: Intentions, Attitudes, And Outcome Expectations. Journal of Small Business and Entrepreneurship, 32(4), 311–331. https://doi.org/10.1080/08276331.2019.1600857
Lippke, S. (2020). Outcome expectation. Encyclopedia of Personality and Individual Differences, 3379–3381. Retrieved from https://link.springer.com/referenceworkentry/10.1007/978-3-319-24612-3_1145
Nada, U., & Afriyenti, M. (2023). Pengaruh Efikasi Diri dan Ekspektasi Hasil terhadap Niat Mahasiswa Berkarir di Bidang Akuntansi Pemerintahan: Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 5(4), 1759–1774. https://doi.org/10.24036/jea.v5i4.1038
Oben, J. A., & Van Rooyen, A. (2023). Social cognitive career theory and rural high school learners’ intentions to pursue an accounting career. Accounting Education, 32(4), 445–478. https://doi.org/10.1080/09639284.2022.2076564
Purba, R. B., & Umar, H. (2021). Kualitas Audit dan Deteksi Korupsi (1st ed.). Medan: Merdeka Kreasi.
Rahmawati, D., Pahala, I., & Utaminingtyas, T. H. (2022). Pengaruh Self Efficacy, Pertimbangan Pasar Kerja, dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Minat Memilih Karir Konsultan Pajak Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 3(2), 461-479. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/japa/article/view/843.
Republik Indonesia. Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik.
Schaub, M., & Tokar, D. M. (2005). The role of personality and learning experiences in social cognitive career theory. Journal of Vocational Behavior, 66(2), 304–325. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2004.09.005
Schoenfeld, J., Segal, G., & Borgia, D. (2017). Social Cognitive Career Theory And The Goal Of Becoming A Certified Public Accountant. Accounting Education, 26(2), 109–126. https://doi.org/10.1080/09639284.2016.1274909
Singley, D. B., Lent, R. W., & Sheu, H. Bin. (2010). Longitudinal Test of a Social Cognitive Model of Academic and Life Satisfaction. Journal of Career Assessment, 18(2), 133–144. https://doi.org/10.1177/1069072709354199
Solikhah, B. (2014). An Application of Theory of Planned Behavior towards CPA Career in Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 164, 397–402. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.11.094
Umar, I., & Bello, M. S. (2019). The Relationship between Accounting Students’ Self-Efficacy Beliefs, Outcome Expectations on Intention to Become Chartered Accountants. East African Scholars Journal of Economics, Business and Management, 2(7), 376-281. https://www.easpublisher.com/get-articles/588
Widiatami, A. K., & Cahyonowati, N. (2013). Determinan Pilihan Karir Pada Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi S1 Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Accounting, 2(3), 1–11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/3396
Wulandari, Tika, & Suyanto. (2014). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Tingkat Pendidikan, dan Sanksi Administrasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi Bangunan. Jurnal Akuntansi, 2(2). 94 - 102. Retrieved from https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/38
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Globi Ukhra , Muamar Nur Kholid, Selfira Salsabilla

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















