ANALISIS PENGARUH GENDER, KECERDASAN EMOSIONAL DAN IDEALISME PADA PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI

Penulis

  • Niken Intan Syabilla Upn Jatim ,
  • Muslimin Muslimin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur ,

DOI:

https://doi.org/10.32534/jpk.v9i2.2794

Abstrak

Setiap profesi wajib bekerja secara profesional, terutama bagi akuntan sangat perlu memiliki sifat etis untuk menjalankan pekerjaannya. Banyaknya kasus pelanggaran etika profesi oleh akuntan, membawa dampak buruk atas rasa percaya terhadap kinerja seorang akuntan. Riset ini mempunyai tujuan yang hendak dicapai yakni guna mendapatkan informasi, menguji serta menganalisis pengaruh gender, kecerdasan emosional dan idealisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Jenis pendekatan yang diterapkan penelitian kuantitatif. Data primer diambil dari kuesioner yang dibagikan kepada responden Mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya angkatan 2017-2018 dengan rumus slovin untuk penentuan jumlah sampel.  Metode analisis statistik yang dipergunakan ialah analisis regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh pada riset yang dijalankan ialah gender, kecerdasan emosional, dan idealisme memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Kata Kunci:  Gender, Kecerdasan Emosional, Idealisme, Etis

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2022-05-23

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

ANALISIS PENGARUH GENDER, KECERDASAN EMOSIONAL DAN IDEALISME PADA PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI. (2022). Jurnal Proaksi, 9(2), 188-203. https://doi.org/10.32534/jpk.v9i2.2794

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama