PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA CIREBON TAHUN 2018

Authors

  • Siti Rokhimah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Itat Tatmimah Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jpk.v6i1.845

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman pajak dan kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Cirebon tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Prinbadi (WP OP) yang terdaftar di Kantor Pelayanan Perpajakan (KPP) Pratama Cirebon. Sample dalam penelitian ini 100 wajib pajak orang pribadi. Pembagian kuesioner dilakukan dengan metode accidental sampling. Kuesioner yang di distribusikan 99,61, namun yang di olah 100. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pajak dan kualitas pelayanan fiskus berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP pratama Cirebon tahun 2018.

Kata Kunci: Pemahaman Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus dan Kepatuhan Wajib Pajak

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-27

How to Cite

Rokhimah, S., & Tatmimah, I. (2019). PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA CIREBON TAHUN 2018. Jurnal Proaksi, 6(1), 45–61. https://doi.org/10.32534/jpk.v6i1.845