ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN OBAT-OBATAN PADA RUMAH SAKIT (Studi Empiris pada Rumah Sakit Umum Daerah Arjawinangun Kabupaten Cirebon)

Authors

  • Novi Amalia Dewi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Endah Nurhawaeny Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jpk.v6i1.840

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian internal persediaan obat-obatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Arjawinangun. Teknik Pengumpulan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan penulis dalam penulisan ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah : struktur organisasi Rumah Sakit Umum Daerah Arjawinangun, khususnya bagian intalasi farmasi, berbentuk fungsional, Penilaian resiko persediaan obat sudah cukup memadai. Pelaksanaan informasi dan komunikasi atas persediaan obat secara umum masih memadai untuk mendukung pengendalian internal. Pemantauan terhadap pengendalian internal persediaan obat-obatan sudah dilaksanakan dengan baik melalui kegiatan stock opname secara periodik setiap bulannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kekosongan stok obat diantaranya: Ketersediaan barang tidak lansung datang, rencana kebutuhan obat (RKO) tidak sesuai karena jumlah pasien lebih banyak, kesalahan administrasi SP (Surat Pemesanan) tidak sesuai dan stok distributor kosong.

Kata kunci : Pengendalian Internal, Rumah Sakit, Persediaan Obat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-27

How to Cite

Dewi, N. A., & Nurhawaeny, E. (2019). ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN OBAT-OBATAN PADA RUMAH SAKIT (Studi Empiris pada Rumah Sakit Umum Daerah Arjawinangun Kabupaten Cirebon). Jurnal Proaksi, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.32534/jpk.v6i1.840

Most read articles by the same author(s)