PENGARUH KOMPETENSI INTERNAL AUDITOR DAN PEMAHAMAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA INTERNAL AUDITOR BALAI BESAR CIMANUK CISANGGARUNG CIREBON

Authors

  • Dina Supriatin Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Mochammad ilham Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jpk.v4i2.820

Abstract

ABSTRAK : Pelaksanaan internal audit merupakan salah satu instrumen pengawasan keuangan negara di Balai Besar Cimanuk Cisanggarung Cirebon. Kinerja internal audit yang handal merupakan kunci sukses dalam pelaksanaan audit tersebut. Kompetensi internal auditor yang memadai dan pemahamannya terhadap Sistem Informasi Akuntansi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil pelaksanaan audit. Dengan semakin berkembangnya dunia usaha dimana transaksi yang dilakukan menjadi sedemikian besarnya sehingga perusahaan menerapkan suatu Sistem Informasi Akuntansi yang dapat mengelola data dan informasi tersebut.

Data dalam penelitian ini didapatkan dengan menyebar kuesioner penelitian pada responden sehingga data dalam penelitian ini data primer. Sampel yang dijadikan objek penelitian adalah 33 orang pegawai pada Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung Cirebon, yang menyerahkan kuesioner 30 orang. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang pegawai. Analisis data dengan regresi linier berganda diolah dengan program komputer SPSS ver.21.

Penelitian ini menyimpulkan : kompetensi internal auditor berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja internal auditor pada Balai Besar Cimanuk Cisanggarung Cirebon, pemahaman sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap kinerja internal auditor pada Balai Besar Cimanuk Cisanggarung Cirebon nilai signifikan. Kemudian berdasarkan hasil uji statistik F, kompetensi internal auditor dan pemahaman sistem informasi akuntansi secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja internal auditor.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ada pengaruh positif signifikan partisipasi dalam penganggaran terhadap kinerja instansi pemerintah, ada pengaruh positif signifikan peran manajerial pengelola keuangan terhadap kinerja instansi pemerintah, ada pengaruh positif signifikan partisipasi penganggaran dan peran manajerial pengelola keuangan secara simultan terhadap kinerja instansi pemerintah.

 

Kata kunci  :  Kompetensi Internal Auditor, Pemahaman Sistem Informasi Akuntansi, Kinerja Internal Auditor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-28

How to Cite

Supriatin, D., & ilham, M. (2017). PENGARUH KOMPETENSI INTERNAL AUDITOR DAN PEMAHAMAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA INTERNAL AUDITOR BALAI BESAR CIMANUK CISANGGARUNG CIREBON. Jurnal Proaksi, 4(2), 154–161. https://doi.org/10.32534/jpk.v4i2.820