DINAMIKA KOMUNIKASI, LITERASI DIGITAL DAN INKLUSI KEUANGAN DALAM MENENTUKAN PERILAKU KEUANGAN GENERASI HINDU
DOI:
https://doi.org/10.32534/jpk.v12i2.7062Kata Kunci:
Financial Behavior, Financial Inclusion, Financial Literacy, Communication Dynamics, Financial Attitudes, Financial ExperiencesAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pada pengaruh dinamika komunikasi, literasi digital, inklusi keuangan, sikap dan pengalaman keuangan pada perilaku keuangan generasi Hindu di Kota Mataram. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Data diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif yaitu regresi linear berganda dan triangulasi sumber dengan teknik wawancara. Analisis kuantitatif berupaya untuk mencari pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen dan untuk mengkonfirmasi pengaruh dari dinamika komunikasi, literasi digital, inklusi keuangan, sikap keuangan dan pengalaman keuangan dengan perilaku keuangan generasi Hindu. Penelitian ini menggunakan 108 responden dan 7 orang informan. Responden dan informan merupakan generasi milenial dan generasi Z. Responden diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan metode Slovin, sementara itu informan pada penelitian ini diperoleh dengan teknik snowball. Hasil pengujian kuantitatif membuktikan bahwa dinamika komunikasi dan inklusi keuangan tidak berdampak pada perilaku keuangan. Sedangkan Literasi Digital, Sikap dan Pengalaman Keuangan berdampak pada Perilaku Keuangan. Berdasarkan hasil wawancara menemukan bahwa dinamika komunikasi yang terjadi seperti penyebaran informasi dari lembaga keuangan cenderung bertujuan untuk membangun brand image sehingga generasi Hindu hanya sebatas mengetahui tentang informasi yang diberikan. Dinamika komunikasi tidak mampu memberikan pengaruh pada perilaku dan pengambilan keputusan keuangan. Lembaga keuangan juga sudah menyediakan akses (inklusi keuangan) yang baik pada layanan-layanan keuangan namun generasi Hindu belum terlalu banyak menggunakan akses tersebut dalam setiap transaksi keuangannya sehingga manfaat yang diperoleh masih minim. Generasi Hindu cenderung memutuskan untuk menabung, meminjam dan menghabiskan uang berdasarkan personal history seperti pengalaman, sikap dan literasi tentang keuangan yang telah diperoleh baik melalui pendidikan, seminar, pelatihan dan pengetahuan dari sumber-sumber digital.
Unduhan
Referensi
Adhliana, B. S., Barry, H., & Sofa, N. (2022). Analisis Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan dan Pengalaman Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pengguna SpayLater DKI Jakarta. JAProf : Jurnal Administrasi Profesi, volume 3(2), 25-35. http://dx.doi.org/10.32722/jap.v3i2.5133
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality & Behavior (2nd Ed.). In Open University Press.
Akyuwen, R., & Waskito, J. (2005). Attitudes, Personality, and Behaviour. Open University Press.
Alysa, A., Muthia, F., & Andriana, I. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Digital terhadap Perilaku Menabung dan Perilaku Berbelanja pada Generasi Z. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3), 2811–2823. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i3.4706
Alysa, M., & Andriana, I. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Digital Terhadap Perilaku menabung Dan Perilaku Berbelanja Pada Generasi Z. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6 No 3(2024 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351). https://doi.org/DOI: 10.47467/Alkharaj.V6i3.4706.
Amalia, N., & Hamdani, M. . (2022). Analisis Pengaruh Sikap Finansial, Pengalaman Finansial dan Kepribadian terhadap Perilaku Manajemen Keuangan dimediasi oleh Literasi Finansial. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(5 2022), P-ISSN: 2622-2191 E-ISSN : 2622-2205. http://sirisma.unisri.ac.id/berkas/3Literasi%20financial.pdf
Amri, N. F., Faridah, F., & Nur, I. (2023). Dinamika Komunikasi Dalam Membentuk Perilaku Manajemen Keuangan Generasi Milenial. CORE: Journal of Communication Research, 2, 49–56. https://journal.unpacti.ac.id/CORE/article/view/982%0Ahttps://journal.unpacti.ac.id/CORE/article/download/982/551
Anisyah, E. N., Pinem, D., & Hidayati, S. (2021). Pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan financial technology terhadap perilaku keuangan pelaku UMKM di Kecamatan Sekupang. Management and Business Review, 5(2), 310–324. https://doi.org/10.21067/mbr.v5i2.6083
Arwildayanto., Lamatenggo, N., & Sumar, W. . (2017). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan. Widya Padjajaran.
Bourdieu, P. (1990). The Logic of Practice.
Brilianti, T. R., & Lutfi, L. (2020). Pengaruh pendapatan, pengalaman keuangan dan pengetahuan keuangan terhadap perilaku keuangan keluarga di kota Madiun. Journal of Business and Banking, 9(2), 197. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1762
Cangara, H. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Pers.
Dewanti, V. P., & Asandimitra, N. (2021). Pengaruh Financial Socialization, Financial Knowledge, Financial Experience terhadap Financial Management Behavior dengan Locus of Control sebagai Variabel Mediasi pada Pengguna Paylater. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 863–875. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p863-875
Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi. Teori dan Praktik. PT. Remaja Rosdakarya.
Estuti, E. ., Rosyada, I., & Faidah, F. (2021). Analisis Pengetahuan Keuangan, kepribadian, dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan. Jurnal CAPITAL, 4(1 Juli 2021 E-ISSN : 2723-1054). https://dx.doi.org/10.33747/capital.v3i1.74
Faradila, D., & Rafik, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan dan Intensi Meminjam dari Pinjaman Online / P2P Lending pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen E-ISSN: 2829-7547, 2 No. 3 20, 63–76. https://journal.uii.ac.id/selma/index.
Gardikiotis, A., & Crano, W. D. (2015). Persuasion Theories. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition, December 2015, 941–947. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.24080-4
Grohs-Muller, S., & Greimel-Fuhrmann, B. (2018). Students’ money attitudes and financial behaviour: A study on the relationship between two components of financial literacy. In Empirische Padagogik (Vol. 32, Issue 3). https://www.researchgate.net/profile/Aisa_Amagir/publication/331936148_The_Relation_between_Financial_Knowledge_Attitudes_towards_Money_Financial_Self-Efficacy_and_Financial_Behavior_among_High_School_Students_in_the_Netherlands/links/5c93a2fba6fdccd46030
Javier, M., Azaria, F., Tubastuvi, N., Purwidianti, W., & Aryoko, P. (2024). Gen Z Investment Decision : Role o f Financial Literacy , Financial Behaviour , Financial Experience a nd Risk Tolerance. 05(04), 721–739. https://doi.org/10.20473/ajim.v5i4.61315
Kartono. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Andi Offset.
Kovács, L., & Terták, E. (2019). Financial Literacy: Theory and Evidence. Bratislava, Szlovákia: Verlag Dashöfer, 150. http://www.bankszovetseg.hu/Public/publikacio/Financial literacy.pdf
Kumar, P., Pillai, R., Kumar, N., & Tabash, M. I. (2023). The interplay of skills, digital financial literacy, capability, and autonomy in financial decision making and well-being. Borsa Istanbul Review, 23(1), 169–183. https://doi.org/10.1016/j.bir.2022.09.012
Marsh, B. . (2006). Examining The Personal Financial Attitudes, Behaviour and Knowledge Levels at First-Year and Senior Students at Baptist Universities in the States of Texas. Bowling Green University. https://www.proquest.com/openview/b56082ff62096e4fa2c9f2375774864d/1?cbl=18750&diss=y&pq-origsite=gscholar
Mulyati, M., Ramadhan, M. S., & Amelya, D. R. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 3(2), 62–66. https://doi.org/10.54371/jms.v3i2.447
Nababan, D., & Sadalia, I. (2012). Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa,1 – 16. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/71553
Pradiningtyas, T. E., & Lukiastuti, F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Locus of Control dan Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Ekonomi. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 6(1), 96. https://doi.org/10.24252/minds.v6i1.9274
Putri, A. A., Burhaddin, & Wardani, L. (2023). Pengaruh literasi digital dan literasi keuangan terhadap perilaku keuangan (studi kasus pada mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi dan bisnis universitas mataram angkatan 2019). Jurnal Keuangan, 2(2), 12–18. https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrKGi0zRi1oIAIA0F3LQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1749007156/RO=10/RU=https%3a%2f%2fjournal.unram.ac.id%2findex.php%2fjrk%2fissue%2fdownload%2f140%2f22/RK=2/RS=YWS3NcURdc0j.TtryMRBjZu.7Gs-
Salsabilla, S. I., Tubastuvi, N., Purnadi, P., & Innayah, M. N. (2022). Factors Affecting Personal Financial Management. Jurnal Manajemen Bisnis, 13(1), 168–184. https://doi.org/10.18196/mb.v13i1.13489
Sandalia, I., & Butar, N. A. (2016). Perilaku Keuangan: Teori dan Implementasi.
Sarwono. (2000). Teori-teori Psikologi Sosial. Grafindo Persada.
Schirato, T., & Roberts, M. (2020). The logic of practice. Bourdieu, 208–239. https://doi.org/10.4324/9781003115083-9
Setiawan, M. A. (2019). Analisis Keterkaitan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Personal Masyarakat Di Wilayah Kota Dan Kabupaten Provinsi Jawa Timur. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Brawijaya, 53(9), 1689–1699. https://repository.ub.ac.id/id/eprint/107925
Subaida, I., & Hakiki, F. N. (2021). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Pengalaman Keuangan terhadap Perilaku Perencanaan Investasi dengan Kontrol Diri sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(2), 152–163. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.2.152
Sufyati HS, & Alvi Lestari. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(5), 2415–2430. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i5.396
Viana, E. D., Febrianti, F., & Dewi, F. R. (2022). Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(3), 252–264. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i3.34207
Wahyuni, E. S., & Ramadhan, F. (2022). ). Manajemen Keuangan, Konsep Perilaku Keuangan Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Era Digital. CV. Tungga Esti.
Wahyuni, U. S., & Setiawati, R. (2022). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku keuangan generasi Z di Provinsi Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 10(4), 164-175. https://doi.org/10.22437/jdm.v10i4.19663
Wang, H., Jiao, R., & Li, F. (2022). Research on the Impact of Entrepreneurship Education on Employee Creativity from the Perspective of Career Environment Based on an Intermediary Model. Journal of Environmental and Public Health, 2022(5), 2224–2233. https://doi.org/10.1155/2022/1677620
Wardani, L. A., & Fitrayati, D. (2022). Pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan dengan locus of control sebagai variabel intervening. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(12), 5827–5836. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i12.1894
Zulfan, D., & Sintiani, R. A. (2022). ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surabaya Dosen Pembimbing : Disusun oleh Kelompok Karimunjawa : Program Studi P2K Akuntansi 2019 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya (Issue June).
Zulkarnain, W. (2013). Dinamika Kelompok (Latihan Kepemimpinan Pendidikan). PT. Bumi Aksara.
-Article Text-7937-1-10-20230619.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Suli Asmara, Ida Ayu Nyoman Sutriani, Ida Bagus Made Arjana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















