Kesenjangan Harapan Antara Akuntan Publik dan Pemakai Jasa Akuntan Publik

Authors

  • Romy Nugraha Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ichsan Sidenreng Rappang
  • Lisra Lisra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ichsan Sidenreng Rappang
  • Suriadi Suriadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ichsan Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.32534/jpk.v11i3.6174

Abstract

Pokok Masalah dalam penelitian ini adalah adanya fenomena expectation gap dalam lingkup profesi akuntan publik dengan pemakai jasa akuntan publik. Akuntan Publik yang diharapkan mampu memenuhi tuntutan masyarakat sebagai profesi yang dipercayai masyarakat untuk memberikan pernyataan kewajaran laporan keuangan perusahaan mengalami banyak kasus yang menjerat profesi akuntan publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab terjadinya expectation gap antara akuntan publik dan pemakai jasa akuntan publik dan bagaimana expectation gap itu terjadi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode wawancara terhadap para informan. Proses analisis data mengikuti model interaktif, dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terjadinya expectation gap disebabkan oleh perbedaan pemahaman antara pengguna laporan keuangan dan auditor terkait pelaksanaan audit, interpretasi terhadap opini audit, serta pandangan auditor mengenai pengendalian internal dan keberlanjutan organisasi. Expectation Gap ini muncul akibat dari adanya beberapa akuntan publik yang kurang dalam mengimplementasikan professionalisme profesi akuntan publik, goyahnya independensi nya, integritas, dan juga kompetensinya.

Keywords:

Expectation Gap, Akuntan Publik\, Pemakai Jasa Akuntan Publik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, M. B. (1994). Agency Theory and the Internal Audit. Managerial Auditing Journal, 9(8), 8–12. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/02686909410071133

Afif, A. S. (2017). Persepsi Auditor, Akuntan Manajemen, dan Investor terhadap Audit Laporan Keuangan. Forum Ilmiah, 14(3), 279-293. Retrieved from 2186-4283-1-SM (1).pdf

Agustin, I. R., & Agustina, R. (2021). Kesenjangan Ekspektasi Auditor Internal Dengan Auditee. Behavioral Accounting Journal, 4(2), 337-350. https://doi.org/10.33005/baj.v4i2.114

Caroline, H. I., Minarso, B., & Nurcahyono, N. (2023). Determinan Opini Audit Going Concern: Studi Kasus Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 7(1), 48–61. https://doi.org/10.18196/rabin.v7i1.17082

Chenkiani, P., & Prasetyo, A. (2023). Fraud Dan Monitoring Dalam Perspektif Teori Keagenan. Jurnal Akuntansi, 12(2), 171–180. https://doi.org/10.46806/ja.v12i2.1016

Deepal, A. G., & Jayamaha, A. (2022). Audit expectation gap: a comprehensive literature review. Asian Journal of Accounting Research, 7(3), 308–319. https://doi.org/10.1108/AJAR-10-2021-0202

Dewi Puspita Sari, L., & Widyastuti, T. (2018). Expectation Gap pada Persepsi Auditor Internal dengan Auditee terkait Kompetensi, Independensi, dan Kualitas Audit. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 5(01), 53–64. https://doi.org/10.35838/jrap.v5i01.172

Eka Banias, W., & Kuntadi, C. (2022). Pengaruh Kualitas Audit, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Opini Audit Going Concern (Literature Review). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 80–88. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1.1379

Gunur, A. M., Sulistyo, & S, S. W. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit pada KAP diwilayah Malang Raya. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.21067/jrma.v6i2.4227

Hakim, K. H., Berutu, E., Lase, M., & Manurung, J. agustinus. (2020). Pengaruh Profesionalisme, Etika Profesi dan Pelatihan Auditor terhadap kinerja auditor pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 200–211. https://doi.org/10.24269/iso.v4i2.460

Harrer, T., & Lehner, O. M. (2024). Assuring the unknowable: a reflection on the evolving landscape of sustainability assurance for financial auditors. Current Opinion in Environmental Sustainability, 67, 101413. https://doi.org/10.1016/j.cosust.2023.101413

Humphrey, C., Moizer, P., & Turley, S. (1993). The Audit Expectations Gap in Britain: An Emipirical Investigation. Accounting and Business Research, 23, 395–411. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00014788.1993.9729907

Indriasih, D. (2020). KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL & KARAKTER KOMITE AUDIT: (Terhadap Fraudulent Financial Reporting) (Sixteen (ed.)). CV Cendekia Press.

Istiariani, I. (2018). Pengaruh Independensi, Profesionalisme, Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Auditor BPKP. Jurnal Pemikiran Islam, 19(1), 63–88. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA/article/view/2473

Junisa, K., & Kuntadi, C. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Auditor: Profesionalisme, Kompetensi Auditor dan Independensi Auditor. 2(5), 91–101. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jiem.v2i5.1251

Lessambo, F. l. (2018). Auditing, Assurance Services, and Forensics.

Majid, J., & Kartini. (2016). Potret Hubungan Auditor-Klien: Sebuah Studi Interaksi Simbolik Di Kantor Akuntan Publik. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 146-164. https://doi.org/10.24252/jiap.v3i1.4564

Nasrullah, Ismail, T., & Yazid, H. (2017). Analisis Audit Expectation Gap pada Sektor Publik (Studi Empiris Pada Pemerintah Provinsi Banten). Jurnal Riset Akuntansi Tirtayasa, 2(1), 157–180. http://dx.doi.org/10.48181/jratirtayasa.v2i1.5011

Nugraha, R., Hasibuan, A. N., Annam, R., & Nofinawati. (2023). Audit Bank Syariah.

Porter, B. (1993). An Empirical Study of the Audit Expectation-Performance Gap. Accounting and Business Research, 24(93), 49–68. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00014788.1993.9729463

Ramadhany, A. A., Fadlilah, A. H., & Masiam, S. (2021). Prosedur Audit Laporan Keuangan Pada Kantor Akuntan Publik Ery Dan Rekan. Realible Accounting Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36352/raj.v1i1.152

Rezaldi, A. P., Amarullah, R., & Aguspriyani, Y. (2023). Analisis Jejak Digital : Memahami Peran Bukti Audit Dalam Era Big Data. Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 3(2), 1–19.

Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis Dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 31. https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.96

Ruhnke, K., & Schmidt, M. (2014). The Audit expectation gap: existence, causes, and the impact of changes. Accounting and Business Research, 44(5), 572–601. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00014788.2014.929519

Saridawati, S., Muhammad, P. A., Sholikhah, R. W., Aini, D. N., & Mustikowati, R. (2024). Penerapan Etika Profesi Akuntan dan Kasus-kasus Pelanggaran Etika Profesi Akuntan. Jurnal Akuntan Publik, 2(2), 72–79. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v2i1.3543

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Tsokhas, K. (2020). Book Review: The Big Four: The Curious Past and Perilous Future of the Global Accounting Monopoly. Review of Radical Political Economics, 52(4), 785–788. https://doi.org/10.1177/0486613419886015

Undang Undang Republik Indonesia. (2011). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2011 TENTANG AKUNTAN PUBLIK. 22(3), 256–278. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Details/39139

Wicaksono, A. P. N., & Amalia, F. A. (2023). Buku Ajar Pemeriksaan Akuntansi.

Yanthi, K. D. P., Merawati, L. K., & Munidewi, I. A. B. (2020). Pengaruh Audit Tenure, ukuran KAP, Pergantian Auditor, dan Opini Audit terhadap Audit Delay. Jurnal Kharisma, 2(1), 148–158. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/kharisma/article/view/762

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Nugraha, R., Lisra, L., & Suriadi, S. (2024). Kesenjangan Harapan Antara Akuntan Publik dan Pemakai Jasa Akuntan Publik. Jurnal Proaksi, 11(3), 657–669. https://doi.org/10.32534/jpk.v11i3.6174