ANALISIS PERBANDINGAN AUDIT SYARIAH PADA LEMBAGA KEUANGAN ISLAM DI ASIA TENGGARA (STUDI LITERATUR DI INDONESIA, MALAYSIA, DAN BRUNEI)

Authors

  • Mutiara Kemala Ratu Universitas Indo Global Mandiri
  • Vhika Meiriasari Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.32534/jpk.v8i1.1526

Abstract

            Penerapan audit syariah menjadi hal yang sudah semakin diperhatikan di berbagai negara, khususnya pada Indonesia, Malaysia, dan Brunei, yang merupakan negara anggota Organisation of Islamic Cooperation (OIC) di Asia Tenggara. Penelitian ini mengumpulkan berbagai literatur untuk melihat bagaimana pengaturan mengenai audit syariah yang merangkul secara menyeluruh pada lembaga keuangan syariah serta penerapan audit syariah yang sebenarnya dilakukan ketiga negara. Hasil temuan menunjukkan bahwa Shariah Governance Framework yang mengatur mengenai penggunaan framework audit syariah masih belum benar-benar diterapkan pada ketiga negara. Negara masih belum mengatur mengenai pengharusan peneraapan framework audit syariah sehingga penerapannya masih dilakukan secara sukarela oleh masing-masing lembaga keuangan. Oleh karena itulah, framework mengenai audit syariah masih beragam berdasarkan kebijakan yang dibuat oleh lembaga keuangan itu sendiri. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengertian mengenai audit syariah masih belum ditangkap dengan baik oleh respondennya, terutama di negara Brunei (perspektif mahasiswa sarjana dan paskasarjana). Maka dari itulah, temuan ini diharapkan mampu mendorong masing-masing regulasi syariah di ketiga negara untuk memantapkan framework audit syariah yang berlaku agar memiliki dasar framework yang sama di tiap lembaga keuangan syariah masing-masing negara.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-19

How to Cite

Ratu, M. K., & Meiriasari, V. (2021). ANALISIS PERBANDINGAN AUDIT SYARIAH PADA LEMBAGA KEUANGAN ISLAM DI ASIA TENGGARA (STUDI LITERATUR DI INDONESIA, MALAYSIA, DAN BRUNEI). Jurnal Proaksi, 8(1), 50–57. https://doi.org/10.32534/jpk.v8i1.1526