PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN SELF CONCEPT MATEMATIS SISWA SMA

  • Retno Widiasari Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Rifqi Hidayat Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Desy Lusiyana Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya self concept matematis siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Siswa yang terlihat tidak percaya diri pada saat pembelajaran matematika merupakan salah satu gejala rendahnya self concept yang dimiliki siswa. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat memberikan stimulus yang akan menciptakan interaksi dalam pembelajaran sehingga siswa lebih percaya diri dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat memberikan stimulus pada siswanya yaitu model pembelajaran missouri mathematics project. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan self concept matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan missouri mathematics project dengan siswa yang pembelajarannya secara konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, penelitain kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control grup design. Populasinya adalah siswa kelas XII IPS SMAN 1 Jamblang tahun pelajaran 2019/2020, sampel penelitian melibatkan 28 siswa kelas XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas XII IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan sampel diperoleh menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala self concept matematis. Penelitian ini menggunakan uji Independent Sampel T-Test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat data (uji normalitas dan uji homogenitas). Jika data tidak berdistribusi normal akan dilakukan uji nonparametric yaitu uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa self concept matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran missouri mathematics project lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional dengan rata-rata angket akhir sebesar 76,68 dan rata-rata nilai n-gain sebesar 0,4264.

Kata Kunci : missouri mathematics project, Self Concept matematis

 

ABSTRACT

 

This research is motivated by the low mathematical self-concept of high school students in learning mathematics. Students who look insecure when learning mathematics is one of the symptoms of the lack of self concept students have. The use of appropriate learning models can provide a stimulus that will create interactions in learning so students are more confident in learning activities. One learning model that can provide stimulus to students is the missouri mathematics project learning model. This study aims to examine the improvement of mathematical self concept between students whose learning uses the missouri mathematics project and students who learn conventionally. The method used in this study is a quantitative method, a quasi-experimental research study using a non-equivalent control group design. The population is students of class XII IPS SMAN 1 Jamblang in the academic year 2019/2020, the study sample involved 28 students of class XII IPS 2 as an experimental class and 28 students of class XII IPS 4 as a control class with samples obtained using purposive sampling techniques. The instrument used in this study is a mathematical self concept scale. This study uses the Independent Sample T-Test which was previously subjected to a data prerequisite test (normality test and homogeneity test). If the data is not normally distributed, a nonparametric test will be carried out, namely the Mann Whitney U test. Based on the results of the study, it shows that the mathematical self concept of students learning using the missouri mathematics project learning model is better than students learning conventionally with an average questionnaire of 76.68 and the average n-gain value of 0.4264.

Keyword(s): Missouri Mathematics Project, Self Concept Mathematis

Published
2020-02-13
How to Cite
Widiasari, R., Hidayat, R., & Lusiyana, D. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN SELF CONCEPT MATEMATIS SISWA SMA. Integral : Pendidikan Matematika, 10(02), 72-82. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1057
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>