Peran Penting Pembelajaran AUD Dalam Islam: Dari Konsep Hingga Implementasi Kurikulum
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v13i1.7180Kata Kunci:
Pembelajaran AUD, Konsep islam, Implementasi KurikulumAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengkaji pendidikan anak usia dini dalam perspektif Islam, mulai dari konsep dasar hingga penerapan kurikulum. Dengan menggunakan pendekatan studi pustaka, penelitian ini menemukan bahwa masih banyak lembaga PAUD yang belum mampu merancang kurikulum yang seimbang antara aspek perkembangan anak dan nilai-nilai Islam. Dalam Islam, pendidikan anak usia dini menekankan pada pembentukan moral, tauhid, dan pelaksanaan ibadah. Pendidik berperan sebagai pelaksana sekaligus teladan, dengan dukungan penting dari orang tua dan masyarakat. Kesimpulannya, kurikulum PAUD berbasis Islam perlu disusun secara komprehensif untuk mendukung perkembangan karakter dan kecerdasan anak secara holistik.
Referensi
Achmad, G. H. (2021). Kedudukan Kurikulum Dalam Pendidikan Agama Islam. YASIN, 1(2), 246–261.
Adi, L. (2022). Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 7(1), 1–9.
Agustina, R., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2023). Implementasi kurikulum merdeka terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 73–80.
Al Ayyubi, I. I., Abdullah, D. S., Nurfajriyah, D. S., Yasmin, S., & Hayati, A. F. (2024). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Islam Berdasarkan Q.S. At-Tahrim Ayat 6. Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(1), 71–83. https://doi.org/10.57163/almuhafidz.v4i1.90
Asbar, A. M., & Setiawan, A. (2022). Nilai Aqidah, Ibadah, Syariah Dan Al-Dharuriyat Al-Sittah Sebagai Dasar Normatif Pendidikan Islam. Al-Gazali Journal of Islamic Education, 1(1), 87–101.
Aslamiah, S. (2024). Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. UINSI Samarinda, 3(2). Retrieved from https://www.uinsi.ac.id/prodi-pendidikan-guru-raudhatul-athfal-s1/
Dakran, D., Zulhimma, Z., Harahap, W. A. A., & Royhanuddin, F. (2024). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 2(2), 32–44. https://doi.org/10.61292/cognoscere.166
Deluma, R. Y., & Setiawan, B. (2023). Strategi pembelajaran anak usia dini. CV. Dewa Publishing.
Dewi, P. Y. A., Yuliantini, S., Sariani, N., Wahyuni, A., Rahmawati, R., Nasution, L. R., … Suryani, Y. E. (2021). Telaah Kurikulum dan Perencanaan PAUD. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Fatmawati, I. (2021). The Role of Teachers in Curriculum Development and Learning. Revorma, Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 20–37. Retrieved from http://ejournal-revorma.sch.id
Harahap, E. (2022). Pendidikan Anak usia dini dalam perspektif Islam. Penerbit Nem.
Hutapea, B. (2023). BAB 6.
Irawan, H. (2024). Memahami Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Perspektif dan Evaluasi dalam Konteks Pendidikan Umum. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(2), 42–54.
Irma, H., & Arbi. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam: Menuju Merdeka Belajar yang Berlandaskan Nilai-Nilai Agama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29858–29865.
Jakfar, F. (2023). Pengaruh Program Tahfidz Terhadap Nilai Akhlak Peserta Didik di SD Ashfiya Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 970–976.
Jamal, N. A., & Wahyudi, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–12.
Kartika, W. C., & Fauji, I. (2024). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk Menanamkan Kecerdasan Spiritual Dalam Mematuhi Peraturan Sekolah. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(1), 408–414.
Komariah, R., Erihadiana, M., & Rahman, A. A. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal Keprofesian Guru Keagamaan, 1(1), 9–18.
Muannif Ridwan, Suhar AM, Bahrul Ulum, F. M. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
Mufarrochah, S. P. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (Teori dan Praktik). Penerbit Adab.
Muhammad Polem, E. a. (2024). Peran Guru dalam Pengembangan Materi Kurikulum Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Penyandang Tunarungu. AL MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(2), 167–186.
Munisah, E. (2020). Proses pembelajaran anak usia dini. Edukasi Lingua Sastra, 18(2), 73–84.
Parinduri, R., Satriyadi, & Hemawati. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Hadis Riwayat Bukhari (Setiap Anak Dilahirkan Dalam Keadaan Fitrah). Jurnal Generasi Tarbiyah, 1(1), 44–63.
Parwoto, M. P., Ilyas, S. N., & Salwiah, S. P. (2024). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Deepublish.
Pattipeiluhu, K. (2024). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penerbit P4I.
Rahardja, M. N. A., Rambe, A. A., Akmal, M. J., Putri, A. N. C., Dwietama, R. A., & Firdaus, E. (2024). Menuju Super Smart Era 5.0: Tantangan Baru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 65–82.
Ulfadilah, S., Darmiyanti, A., & Munafiah, N. (2023). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Penerapan Pembelajaran Di Paud. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 9–29.
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., … Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Yulianti, Y., & Sidik, U. (2024). Strategi Pembelajaran Literasi Emergen pada PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 235–244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5388
