Evaluasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Keterampilan Fisik Motorik Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v13i1.6797Keywords:
kurikulum merdeka, fisik-motorik, , anak usia diniAbstract
Kurikulum Merdeka merupakan salah satu inovasi pendidikan yang diperkenalkan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pada anak usia dini. Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka dan dampaknya terhadap peningkatan keterampilan fisik motorik anak usia dini. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk wawancara dengan pendidik, observasi di kelas, dan analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran, mendorong kreativitas, dan meningkatkan keterampilan fisik motorik anak.
References
Difana, L. A. (2022). Peran guru dalam mengembangkan Kurikulum Merdeka. Jurnal JIPSI, 1, 1–9.
Farida, M., & Sriandila, R. (2014). Pentingnya mengembangkan fisik motorik anak sejak dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2.
Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159.
Ibrahim, D. S., & Tim Penulis. (2024). Evaluasi Kurikulum Merdeka di MAN 2 Palembang. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).
Riza, M., & Swaliana, A. (2018). Deteksi perkembangan kompetensi motorik anak di PAUD. Jurnal As-Salam, Desember.
Daulay, M. I., & Tim Penulis. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada jenjang PAUD. Bunga Rampai Usia Emas (BRUE), 9(2), Oktober.
Suri, P. T., & Tim Penulis. (2023). Evaluasi kurikulum bidang motorik: Meningkatkan perkembangan anak usia dini di TK Pertiwi Kota Pekanbaru. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(3), 260–276.
Fitriani, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age (Hamzanwadi University), 25–34.
Hendrayana, S. P., & Tim Penulis. (2021). Perkembangan fisik motorik anak usia dini melalui kegiatan kolase. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), November.
Wahyuni, S. (2024). Analisis implementasi Kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan anak usia dini. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 35–37.
Chandrawati, T., Mufida, F., & Tim Penulis. (2020, September 8). Pengembangan kemampuan fisik motorik anak usia dini di masa COVID-19. Prosiding Seminar (hlm. 5–7).
Yunita, & Zainuri, A., & Tim Penulis. (2023, Maret). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of Educational Management, 1–10.
