STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN MAHASISWA PROFESI NERS FKP UNRI DALAM PELAKSANAAN PROFESI NERS DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32534/jik%20umc.v11i1.3027Abstract
Pendahuluan: Penyebaran COVID-19 yang semakin melonjak mengakibatkan terjadinya perubahan dari beberapa sector termaksud di bidang pendidikan, sehingga pendidikan sekarang mengalami banyak perubahan termaksud dalam metode pembelajaran yang menjadi online, begitu juga dengan pendidikan profesi Ners yang menerapkan system pembelajaran yang menjadi online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengalaman mahasiswa profesi Ners FKp UNRI yang sedang melaksanakan praktik profesi di masa pandemi COVID- 19.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan menggunakan teknik sampling purposive yang melibatkan 3 partisipan yang merupakan mahasiswaNers yang sedang menjalani praktek profesi Ners di masa pandemi COVID-19. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan data dianalisis dengan tematik analisis.
Hasil: Penelitian ini menghasilkan lima tema: kepatuhan penerapan protocol kesehatan, penerapan promosi kesehatan, tempat pelaksanaan profesi ners, metode pelaksanaan pembelajaran profesi ners dan aktivitas mahasiswa dalam melaksanakan profesi ners. Kesimpulan: dari penelitian ini didapatkan bahwa selama pelaksanaan praktik profesi di masa pandemi COVID-19, terdapat kegiatan proses keperawatan yang dilakukan di masyarakat yang dilakukan secara online dan offline berdasarakan protocol kesehatan COVID-19.
Keywords:
Mahasiswa Profesi Ners, Penerapan Protokol Kesehatan, Covid-19, online, offlineReferences
Metodepenelitiankualitatifdalamrisetke perawatan. Cetakan 1. Jakarta: Rajawali Pers.
2. AIPNI. (2015). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia. CetakanPertama. Jakarta Selatan: AsosiasiInstitusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).
3. Asmadi. (2008). Konsepdasarkeperawatan. Jakarta: EGC.
4. Azima, F. (2019). Persefsimahasiswaprofesiterhadappelak sanaanprofesi di Universitas Riau. Skripsi (Dipublis). Pekanbaru: Universitas Riau.
5. Azizah&Ropyanto. (2012). Tingkat keuasanbimbingnaklinikmahasiswakep erawatan. JurnalKeperawatanDiponogoro.
6. Azwar, S. 2011. Sikapmanusia, teori dan pengukuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
7. Dermawan, D. (2012). Proses Keperawatan:
PenerapanKonsep&KerangkaKerja.
Yogyakarta: Gosyen
8. Dermawan, D., &Riyadi, S. (2010).
KeperawatanProfesional. Yogyakarta:
Gosyen
9. FKp UNRI. (2020). Panduan
PelaksanaanPraktikProfesiprodi Pendidikan ProfesiNersFakultasKeperawatan Universitas Riau Ta. 2020/2021. Pekanbaru: FakultasKeperawatan Universitas Riau.
10. Hidayat, A.A. (2008). RisetKeperawatan dan Teknik penlulisanilmiah. Edisi 2, Cetakan ke-3. Jakarta: SalembaMedika.
11. Hardiyanto. (2020). Gambaran Stress dan
MekanismeKopingMahasiswaStikesKe panjenSaatMenjalaniPraktekProfesiKe perawatanMedikalBedah. Malang: StikesKapanjen
12. Ginting T, Dhian L, adea B & Raphael G. 2021. Kepatuhanpedagang pasar pagidalammelaksanakanprotokolkeseha tanpencegahan COVID-19. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia.
13. KEMENKES RI. (2020). Pedomanpencegahan dan pengendalian coronavirus diseas (COVID-19). Jakarta: KEMENKES RI.
Jurnal Ilmu Kesehatan UMC | Vol.11 No.1 2022
56
Jurnal Ilmu Kesehatan UMC | Vol.11 No.1 2022
14. Khanifa, F.R. (2011). Peningkatanketerampilanmenuulispeng alamnpribadiberbasismultikulturandenf ansistempembelajaranpertofolio pada siswakelas VII 5 SMP Negeri 1 wiradesakebupatenPekalongan. Skripsi (dipublikasikan). Semarang: Pendidikan bahasa dan sastrs Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.
15. LIPI. (2019). Teknik PresentasiIlmiah. Modul PPJFP. Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Lembaga IlmuPengetahuan Indonesia 2019.
16. Livana, Mohammad, F. M. & Yazid, B. (2020). “TugasPembelajaran” PenyebabStresMahasiswaSelamaPande mi Covid-19. JurnalIlmuKeperawatan Jiwa Volume 3 No 2, Hal 203 – 208. PersatuanPerawat Nasional Indonesia Jawa Tengah.
17. Mentri Kesehatan RI. 2020. PedomanPencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
18. Moleong, L.J. (2012). Metodologipenelitiankualitatif. EdisiRevisi. Bandung PT RemajaRosdakara.
19. Muliawan, J.U. (2017). 45 Model pembelajaranspektakuler.
Yogyyakarta: AR-RUZZ MEDIA
20. Nadlir, M. (2013). Seminar Pendidikan. Edisi I. Surabaya: Universitas Islam Negeri SunanAmpel Surabaya FakultasIlmuTarbiyah Dan Keguruan Prodi Pgm 2013.
21. Nadra, U. (2017). Studifenmenologi: pengalamankeluargamerawatanggotake luarga yang menderitademamberdara dengue di kelurahan ratu sima kecamatandumaiselatan. Skripsi (tidakdipublikasikan). Pekanbaru: Universitas Riau.
22. Nakoe. 2020. PerbedaanEfektivitas Hand-Sanitizer DenganCuciTanganMenggunakanSabu nSebagaiBentukPencegahan Covid-19. Gorontalo; FakultasOlahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.
23. 24.
25.
Ngalimun. (2017). Strategi pembelajaran. Yogyakarta: ParamaIlmu.
Nismawati&Marthyni. (2020). Faktor yang berhubungandenganpenerepanprotokol kesehatan pada pelakuusahamikroselama masa pandemi Covid-19. Makassar: Universitas Indonesia Timur.
Novita, S., Sahuri, T.K. & Maria, W.K. (2020). Gambaran Tingkat Stress MahasiswaProfesiNers Universitas Kusuma Husada Surakarta SelamaStudy From Home (Sfh) Di Masa Pandemi Covid-19. Surakarta: FakultasIlmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Nrangwesthi. 2020. Gambaran Penerapan Physical Distancing SebagaiUpayaMenekanPersebaran Covid-19 Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Pertahanan Bogor.
Nurmala I. 2018. Promosi Kesehatan. E-book; Universitas Erlangga. Nursalam& Efendi, F. (2008). Pendidikan DalamKeperawatan. Jakarta: SalembaMedika.
Purnomo, D. (2014). Statistiksosial dan aplikom. Edisi II. Salatiga: Widya Sari. Sabarudindkk. 2020. EfektivitasPemberianEdukasisecara Online melalui Media Video dan Leaflet terhadap Tingkat PengetahuanPencegahan Covid-19 di Kota Baubau. Kendari; Universitas Halu Oleo.
Sari, D.WP. (2015). PotretPelaksanaan Patient Safety MahasiswaProfesiNers . Semarang: Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Setiadi. (2013). Konsep dan Praktekpenulisanrisetkeperawatan. Edisi 2. Togyakarta: GrahaIlmu. Siahaan, M. (2019). Dampakpandemi COVID-19 TerhadapDuniaPendidikan. Jakarta: Universitas Bhayangkara.
26. 27.
28.
29.
57
Sujarweni, V.W. (2014). Metodologipenelitiankeerawatan. Yogyakarta: Gava Media.
Susilo, A. dkk. (2020). Coronavirus Disease 2019: TinjauanLiteraturTerkini. Jakarta: DepartemenIlmuPenyakitDalam, FakultasKedokteran Universitas Indonesia.
30. Susilowati D. 2016. Promosikesehatan. E-book; Kemenkes RI.
31. Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 38. (2014). Keperawatan. Jakarta: KEMENKUMHAM RI.
Wade, C. & Travis, C. (2008). Psikologi. Jilid I, Edisi 9. Jakarta: Erlangga
32. World Health Organization. (2020). Definition and categorization of the timing of mother-to-child transmission of SARS-CoV-2.
33. World Health Organization. (2020). Laboratory testing for coronavirus disease 2019 (COVID-19) in suspected human cases. Geneva.
34.WHO. 2020. Penggunaan masker dalam konteks COVID-19