HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTIHIPERTENSI DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTIHIPERTENSI DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS

Authors

  • Wira Sasmita Jurusan Ilmu Keperawatan, Universitas Riau, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.32534/jik%20umc.v10i2.2570

Abstract

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTIHIPERTENSI DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS

 

1Wira Sasmita, 2Wasisto Utomo, 3 Fathra Annis Nauli

1Jurusan Ilmu Keperawatan, Universitas Riau, Pekanbaru Email: wieramitha02@gmail.com

 

ABSTRAK

Latarbelakang: Dukungan keluarga dan kepatuhan minum obat antihipertensi merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas hidup lansia penderita hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dan kepatuhan minum obat antihipertensi dengan kualitas hidup lansia penderita hipertensi.

Metode: Desain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional, responden 67 Lansia penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Rejosari. Teknik pengambilan sampel teknik non probabli sample dengan purposive sampling. pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan analisis data menggunakan SPSS. Penelitian dimulai dari bulan februari sampai dengan bulan agustus 2021.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan dari 67 responden, lansia berjenis kelamin perempuan sebanyak 55,2%, lansia berusia 60-74 tahun sebanyak 76,1% dengan agama islam sebanyak 83,6%, Pendidikan terakhir SD sebanyak 34,3% dengan status tidak bekerja sebanyak 61,2%, serta status perkawinan menikah sebanyak 98,5%. Kategori dukungan keluarga tinggi sebanyak 58,2%, kategori kepatuhan minum obat antihipertensi patuh sebanyak 86,6%, dan kategori kualitas hidup lansia sangat baik sebanyak 62,7%. Hasil penelitian hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia penderita hipertensi menunjukkan p value (0,004) < ? (0,05) dan hubungan kepatuhan minum obat antihipertensi dengan kualitas hidup lansia penderita hipertensi menunjukkan p value (0,007) < ? (0,05), maka terdapat hubungan yang signifikan antara variabel.

Simpulan: Dalam penelitian ini banyak faktor yang mempengaruhi kualitas hidup lansia penderita hipertensi, salah satunya ialah dukungan keluarga dan kepatuhan minum obat antihipertensi.

 

Kata kunci: Dukungan Keluarga, Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi, Kualitas Hidup Lansia

Keywords:

Dukungan Keluarga, Kepatuhan Minum Obat, Antihipertensi, Kualitas Hidup Lansia

References

1. Alifariki, L. O. (2019). Epidemiologi Hipertensi?: Sebuah Tinjauan Berbasis Riset. In Epidemiologi Hipertensi.
2. Anwar, K., & Masnina, R. (2019). hubungan kepatuhan minum obat antihipertensi dengan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Air Putih Samarinda. Borneo Student Researce.
3. Ayuni, D. Q. (2020). Asuhan keperawatan keluarga pada pasien post operasi katarak. Pustaka Galeri Mandiri.
4. Chasanah, N., & Supratman. (2018). Hubungan kualitas tidur dengan kualitas hidup pada lansia di Surakarta. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan.
5. Dewi, S. R. (2016). Spiritualitas dan persepsi kesehatan lansia dengan hipertensi di wilayah kerja puskesmas mayang jember. The Indonesian Journal Of Health Science.
6. Dinas Kesehatan Provinsi Riau. (2019). Profil Kesehatan Provinsi Riau 2019. Dinas Kesehata Provinsi Riau.





7. Ekasari, F., Riasmini, M., & Hartini, T. (2019). Meningkatkan kualitas hidup lansia konsep dan berbagai intervensi. In Wineka Media. https://books.google.co.id/books? id=lWCIDwAAQBAJ&pg=PA34 &dq=proses+menua;+fungsi+kog nitif&hl=en&sa=X&ved=2ahUK EwivydXdqPrrAhVN8HMBHRk 9AHkQ6AEwAXoECAYQAg#v
=onepage&q=proses menua%3B fungsi kognitif&f=false
8. Friedman, M. M. (2013). Buku ajar keperawatan keluarga riset, teori, dan praktik. EGC.
9. Jumaiah, S., Rachmawati, K., & Choiruna, H. P. (2020). Aktifitas fisik dan kualitas hidup lansia penderita hipertensi: sebuah penelitian cross sectional. Jurnal Keperawatan.
10. Kemenkes RI. (2020). Hipertensi Si Pembunuh Senyap. Kementrian Kesehatan RI. https://pusdatin.kemkes.go.id/res ources/download/pusdatin/infodat in/infodatin-hipertensi-si- pembunuh-senyap.pdf
11. Kusumawati, J., Hidayat, N., & Ginanjar, E. (2016). Hubungan jenis kelamin dengan intensitas hipertensi pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Lakbok


Kabupaten Ciamis. Mutiara Medika.
12. Maylasari, I., Rachmawati, Y., Wilson SST, H., Nugroho, S. W., Sulistyowati, N. P., & Dewi, F. W.
R. (2019). Statistik Penduduk Lanjut Usia di Indonesia 2019. Badan Pusat Statistik.
13. Noviestari, E., Ibrahim, K., Deswani, & Ramdaniati, S. (2020). Dasar-Dasar Keperawatan. In Elseiver Singapura (Vol. 2).
14. Panjaitan, B. S., & Perangin-angin,
M. A. br. (2020). Hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia. Klabat Journal Of Nursing.
15. Pratiwi, N. P., Untari, E. K., & Robiyanto. (2020). Hubungan persepsi dengan kualitas hidup pasien hipertensi lanjut usia di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak. JMPF.
16. Seftiani, L., Hendra, & Maulana, M.
A. (2017). Hubungan kualitas hidup lansia dengan hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Perumnas II kelurahan Sungai Belitung Kecamatan Pontianak Barat.
17. Wafroh, S., Herawati, & Lestari, D.
R. (2016). Dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia di PSTW Budi Sejahtera Banjarbaru. Dunia Keperawatan.

Downloads

Published

2022-01-20

How to Cite

Sasmita, W. (2022). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTIHIPERTENSI DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS: HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTIHIPERTENSI DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS. Jurnal Ilmu Kesehatan, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.32534/jik umc.v10i2.2570