https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/issue/feed JURNAL HADHARIYAH 2019-06-14T17:12:45+07:00 Open Journal Systems <p>Jurnal hadhariyah adalah jurnal peradaban dan pendidikan yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Cirebon.</p> https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/462 ENTOGRAFI PENCARI KEBAHAGIAAN DI PEDESAAN JAWA SEBUAH ABSTRAK 2019-06-14T17:12:44+07:00 Khaerul Wahidin khairul.wahidin@umc.ac.id <p><span class="fontstyle0">Penulisan ini menggambarkan pola umum dari kebiasaankebiasaan agama atau kelakuan keagamaan para penganut tarekat naqsabandiyah khalidiyah (yang mencakup pola kelakuan individu, dalam keluarga dan terhadap masyarakat) kemudian digambarkan berbagai variasi kelakuan keagamaan yang ada pada penganut tarekat naqsabandiyah atas dasar penggolongan pekerjaan (yang mencakup golongan pengusaha, petani, pedagang, pegawai negeri sampai kepada golongan yang sudah tidak bekerja)</span> </p> 2019-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JURNAL HADHARIYAH https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/463 IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SD KELAS IV PADA PROGRAM PENUGASAN DOSEN DI SEKOLAH 2019-06-14T17:12:44+07:00 Susilawati Susilawati susilawati@umc.ac.id Ida Widiyawati ida.widiyawati458@gmail.com <p><span class="fontstyle0">Dinamika pembelajaran mengarahkan guru untuk terus meningkatkan keterampilannya dalam mengajar termasuk menyajikan media yang inovatif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran di kelas IV SD menggunakan multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan model Kemmis &amp; Mc Taggart yang dilaksanakan selama dua siklus. Kegiatan penelitian<br>dilaksanakan di </span><span class="fontstyle0" style="color: #231f20;">Kelas IV SD Negeri Tukmudal 2 Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar wawancara guru<br>dan siswa, lembar catatan harian dan lembar tes serta dokumentasi. </span><span class="fontstyle0">Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif dalam </span><span class="fontstyle0" style="color: #231f20;">pembelajaran di kelas IV semester 1 </span><span class="fontstyle0">dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus aktivitas siswa mendapat nilai 2.55 (aktivitas belajar siswa kurang). Pada siklus 1 aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 3.10 (aktivitas belajar siswa baik). Dan pada siklus 2, nilai aktivitas belajar siswa semakin meningkat menjadi 3.45 (aktivitas belajar siswa sangat baik). Rekomendasi dari hasil penelitian ini mengarahkan untuk guru agar dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan berbagai media yang bervariasi. Salah satu media yang dapat digunakan adalah multimedia interaktif untuk dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu, dalam setiap pembelajaran yang dilaksanakan, hendaknya menyertakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang<br>representatif agar aktivitas belajar siswa semakin terarah.</span></p> <p><span class="fontstyle2">Kata Kunci: </span><span class="fontstyle3">multimedia-interaktif, aktivitas-belajar-siswa</span> </p> 2019-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JURNAL HADHARIYAH https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/464 PENGARUH PENGGUNAAN KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 3 BOJONGKULON KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON 2019-06-14T17:12:44+07:00 Diana Setiana diana.setiana@umc.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa kelas 2 di SD Negeri 3 Bojongkulon, mengetahui proses pembelajaran menggunakan permainan kartu kata pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan mengetahui berpengaruh atau tidaknya permainan media kartu kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 3 Bojongkulon. kartu kata merupakan suatu media pembelajaran yang mudah dibuat dan mudah digunakan. Selain itu, media kartu kata ini juga dianggap lebih efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa karena sifat dari kartu kata ini sendiri yang mudah dibuat dan mudah disusun sesuka hati serta dengan warna-warna yang menarik perhatian siswa. &nbsp;</p> <p>Jenis penelitian yaitu kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan populasi SD Negeri 3 Bojongkulon, kemudian dipilih sampel 2 kelas yaitu kelas IIA dan IIB. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pretes (tes awal) dan setelah pembelajaran dilaksanakan, penulis melakukan postes (tes akhir) kepada kedua kelas tersebut.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan kartu kata terhadap kemampuan membaca untuk siswa yang menerapkan pembelajaran menggunakan media kartu kata menujukkan kategori tinggi yaitu dengan rata-rata sebesar 82,50 dan untuk siswa yang tidak menerapkan media permainan kartu kata terhadap kemampuan membaca menunjukkan kategori sedang yaitu rata-rata sebesar 60,66. Kemudian berdasarkan analisis uji-t data gain yang menunjukan bahwa t hitung lebih kecil dari pada t tabel (1,93 &lt; 1,73) terdapat perbedaan pada taraf signifikan setelah diberi perlakuan dan tanpa perlakuan, maka menurut kriteria penguji hipotesis artinya Ho ditolak atau terdapat pengaruh permainan kartu kata terhadap kemampuan membaca antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.</p> <p><strong>Kata Kunci&nbsp;&nbsp;&nbsp; : Kartu Kata, Kemampuan Membaca </strong></p> 2019-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JURNAL HADHARIYAH https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/465 PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE PAIRED STORYTELLING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD IT MUHAMMADIYAH KOTA CIREBON 2019-06-14T17:12:44+07:00 Nurkholis Nurkholis nurkholis@umc.ac.id Anisyah Wulandari anisyah.wulandari524@gmail.com <p>Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V ditemukan Kendala-kendala yang ditemukan di lapangan bahwa masih banyak siswa yang belum menguasai keterampilan berbicara dikarenakan siswa memiliki rasa malu dan takut jika guru memberikan pertanyaan. Kalaupun ada beberapa siswa yang berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru namun berbicaranya masih tersendat-sendat, tidak akurat dan tidak runtut.</p> <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada aspek berbicara sebelum diterapkannya metode <em>Paired Storytelling</em>, untuk mengetahui penerapan penerapan metode Paired Storytelling dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V dalam meningkatkan keterampilan berbicara di SD IT Muhammadiyah Kota Cirebon, dan untuk mengetahui hasil keterampilan berbicara siswa kelas V dalam pembelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkannya metode <em>Paired Storytelling</em></p> <p>Metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD IT Muhammadiyah Kota Cirebon dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V SD IT Muhammadiyah Kota Cirebon yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri dari 14 perempuan dan 11 laki-laki. Objek penelitian yang ini yaitu keterampilan berbicara siswa kelas V.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan metode <em>Paired Storytelling</em> dapat meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas V ini terbukti dari setiap siklus. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau dengan nilai presentase 52,38% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa dengan nilai presentase 47,62%. Pada siklus I dengan didapatkan nilai rata-rata keseluruhan yaitu 69,04. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dengan nilai presentase yaitu 95,23% dan nilai rata-rata keseluruhan yaitu 80,28. Penelitian ini dikatakan berhasil, dikarenakan hasil tersebut mencapai target yang telah ditentukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode <em>Paired Storytelling</em> dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.</p> <p><strong>Kata Kunci:&nbsp; <em>Paired Storytelling, Keterampilan Berbicara</em></strong></p> 2019-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JURNAL HADHARIYAH https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/466 MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELOMPOK B TK LAB SCHOOL UMC TAHUN AJARAN 2018/2019 2019-06-14T17:12:44+07:00 Aip Syarifudin aip.syarifudin@umc.ac.id <p>Sebagai salah satu dari sekian banyak kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik, kompetensi Kognitif adalah merupakan indikator&nbsp; yang tidak bisa diabaikan oleh pengajar.&nbsp; Dalam upaya memaksimalkan kemampuan kognitif pada anak terlebih lagi di Anak Usia Dini sangatlah membutuhkan metode pengajaran yang bertepat guna dan berdaya guna. Di beberapa sekolah hal ini menjadi sebuah kendala yakni pencapaian kemampuan kognitif anak usia dini belum berhasil maksimal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kreatifitas guru dalam menyuguhkan pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.</p> <p>Innovasi dalam pembelajaran perlu dilakukan oleh guru dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Untuk anak usia dini ada metode yang dimungkinkan mampu untuk bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Prasyarat yang harus dipenuhi oleh pengajar salah satunya adalah bagaimana menyuguhkan pembelajaran yang menarik dan disukai oleh peserta didik. Diantara dari sekian banyak inovasi pengajaran salah satunya adalah dengan menggunakan model ficture and ficture. &nbsp;Gambar adalah suatu hal yang biasanya disukai oleh anak usia dini. Apalagi gambar yang dalam proses pembuatannya ada langkah-langkah menarik bagi anak untuk bisa melihat gambar tersebut.</p> <p>Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk bisa memberikan stimulus dan solusi bagi para guru anak usia dini dalam upaya meningkatkan capaian pembelajaran khusunya dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Ficture and Ficture.&nbsp; Diharapkan setelah menggunakan model ini maka akan dirasakan dan dapat diukur keberhasilannya dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Lab School Universitas Muhammadiyah Cirebon.</p> <p><strong>Kata Kunci :&nbsp; Kemampuan Kognitif, Strategi Pembelajaran <em>Model Ficture</em> and <em>Ficture</em></strong></p> <p>&nbsp;</p> 2019-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JURNAL HADHARIYAH https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/467 Pemanfaatan Media Dongeng Berbasis Majalah “Bobo” dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak siswa SD N 1 Sumber Kabupaten Cirebon ( Pada Pogram Penugasan Dosen di Sekolah) 2019-06-14T17:12:44+07:00 Hanikah Hanikah hanikah@umc.ac.id Titi Heryati titi.heryati342@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyimak dongeng anak siswa kelas III di SDN 1 Sumber dengan pemanfaatan media dongeng berbasis majalah “Bobo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data tentang kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa dikumpulkan dengan metode tes. Data hasil tes dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif, sedangkan data mengenai langkah-langkah pembelajaran metode observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Metode analisis secara kualitatif menggunakan tiga tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Secara kuantitatif menggunakan rumus untuk menentukan skor rata-rata kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presentase aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 88,4% dan meningkat 11,6 poin menjadi 100% pada siklus II. Perolehan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 65,38% mengalami peningkatan sebesar 23,08% menjadi 88,46% pada siklus 2Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media dongeng berbasis majalah “Bobo” mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam menyimak dongeng.</p> <p><strong>Kata kunci : media dongeng, kemampuan menyimak</strong></p> 2019-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 0 https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/468 PENERAPAN ROBIN PERSONAL ASSISTANT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAFAL BAHASA INGGRIS PADA PROGRAM PENUGASAN DOSEN DI SEKOLAH 2019-06-14T17:12:44+07:00 Dila Charisma dila.charisma@umc.ac.id Ceci Evawati missceci53@gmail.com <p>Melafal bahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan berbahasa Inggris yang memerlukan latihan secara intensif. Sebagai peserta didik di era milenial, media pembelajaran memerlukan sentuhan teknologi dalama rangka meningkatkan kemampuan melafal disertai peningkatan motivasi belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan melafal bahasa Inggris siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Sumber dengan penerapan <em>Robin Personal Assistant</em>. Kolaboratif penelitian tindakan kelas dipilih sebagai desain penelitian ini dan dilakukan dalam dua siklus. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adala tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan nilai melafal, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan peserta didik selama proses belajar mengajar berlangsung. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitaif. Hasil yang diperoleh dari siklus pertama menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM masih dalam jumlah besar, yaitu 13 peserta didik. Sedangkan kriteria kesuksesan dari penelitian ini adalah hanya 7 peserta didik yang diperbolehkan untuk memperoleh nilai dibawah KKM, yatu 75. Setelah dilakukan siklus kedua, hasil tes menunjukkan bahwa penelitian ini sukses, yaitu hanya 6 peserta didik yang memperoleh nilai dibawah 75. Dapat diambil kesimpulan bahawa penerapan Robin Personal Assistant dapat meningkatkan kemampuan melafal bahasa Inggris dan mampu memotivasi peserta didik untuk aktif dalam kegiatan melafal.</p> <p><strong>Kata Kunci: Kemampuan melafal, Robin Personal Assisstant, teknologi</strong></p> 2019-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 0 https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/469 PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI DESAIN MODEL PEMBELAJARAN JARING LABA-LABA BERBASIS DISCOVERY LEARNING 2019-06-14T17:12:44+07:00 Sumliyah Sumliyah exsasumliyah@gmail.com Rhise Rhosliana rhiserhosliana@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan desain model pembelajaran jarring laba-laba berbasis <em>discovery learning</em>. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah PTK dengan desain penelitian model spiral dari Kemmis dan Taggart yang dimulai dengan tahap perencanaan <em>(planning),</em> tindakan (<em>action),</em> pengamatan (<em>observing)</em>, dan refleksi (<em>reflecting) </em>di laksanakan di MTs Islamiyah Kenanga Kabupaten Cirebon kelas VIIIB Tahun Pelajaran 2018-2019. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan pedoman observasi. Teknik pengolahan data yaitu pengolahan data proses yang terdiri dari kinerja guru dan aktivitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung serta pengolahan data hasil yaitu penilaian hasil belajar dengan tes. Hasil yang diperoleh pada pra siklus yaitu dari 21 peserta didik hanya 8 peserta didik atau 38,1 % yang memenuhi KKM. Pada siklus I dengan menggunakan desain model pembelajaran jaring laba-laba berbasis <em>discovery learning </em>&nbsp;dengan menggunakan langkah-langkah pembelajarannya (1) tahap berpikir mandiri; (2) tahap memanfaatkan media pembelajaran; (3) tahap tutorial sebaya; (4) tahap diskusi; (5) tahap penguatan; (6) tahap pembentukan komunitas <em>(Networking)</em> dihasilkan sebanyak 15 Peserta didik yang mencapai KKM atau sebanyak 71%. Selain itu hasil kinerja guru pada siklusi I diperoleh sebanyak 80 % menunjukkan kinerja sangat baik. Pada siklus ke II dihasilkan sebanyak 18 Peserta didik yang mencapai KKM atau sebanyak 85,7% atau 86% artinya adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 9% dengan memberikan perlakuan yang lebih dengan memberikan contoh-contoh nyata dan aktivitas yang lebih mengarahkan pada potensi peserta didik meningkat Selain itu hasil kinerja guru pada siklusi II diperoleh sebanyak 91% hal ini membuktikan hasil kinerja guru berdasarkan pengamatan meningkat 5% dari siklus I. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa sebelum menggunakan desain model pembelajaran jarring laba-laba berbasis <em>discovery learning </em>terdapat peningkatan sebanyak 41,9% pada siklus I dan 47.9% sehingga hampir 50% pemahaman konsep matematis peserta didik&nbsp; meningkat.</p> <p><strong>Kata Kunci: &nbsp;Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Desain Model Pembelajaran Jaring Laba-laba, <em>Discovery Learning</em>.</strong></p> 2019-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 0 https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/470 PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA HIDUP RUKUN MELALUI COOPERATIVE LEARNING METHOD BERBASIS TUTOR SEBAYA DI SDN 4 KENANGA KABUPATEN CIREBON (Program Penugasan Dosen di Sekolah Universitas Muhammadiyah Cirebon Tahun 201 2019-06-14T17:12:44+07:00 Widia Nur Jannah widianurjannah87@gmail.com Vivit Sholihati vivit.sholihati567@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar peserta didik kelas 2 pada tema hidup rukun melalui <em>cooperative learning method</em> berbasis tutor sebaya. Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas Kolaboratif menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 SD Negeri 4 Kenanga Kabupaten Cirebon yang berjumlah 28 orang pada tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes untuk mengukur hasil belajar dan lembar observasi untuk melihat partisipasi aktif peserta didik. Obyek dari penelitian ini adalah peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar melalui <em>cooperative learning method</em> berbasis tutor sebaya. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif, Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif, dengan mencari presentase dari hasil belajar peserta didik dan presentase setiap aspek dari hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pastisipasi aktif siswa yang terlihat dari hasil rata-rata persentase pra siklus sebesar 38,09%, siklus I sebesar 73,21%. dan siklus II sebesar 88,21%. Peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari persentase pra siklus sebesar 57,14%, siklus I sebesar 78,57%, dan siklus II sebesar 92,85%. Kesimpulan penelitian ini adalah <em>cooperative learning method</em> berbasis tutor sebaya dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar peserta didik kelas II SD 4 Kenanga tahun pelajaran 2018/2019.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Partisipasi Aktif, Cooperative Learning Method, Tutor Sebaya</p> 2019-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 0 https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/471 MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA GURU MI Al-MA’ARIF MELALUI KEGIATAN IN HOUSE TRAINING 2019-06-14T17:12:44+07:00 Fikriyah Fikriyah fikriyah245@gmail.com Ahmad Munajim hajiahmadmunajim@gmail.com <p>Berdasarkan hasil observasi di &nbsp;kelas MI Ma’arif Sutawinangun Cirebon ditemukan bahwa kemampuan bertanya guru pada proses pembelajaran perlu ditingkatkan. Ada beberapa aspek bertanya guru yang belum tergali meliputi menunjukkan kehangatan dan antuasisme saat melontarkan pertanyaan dan masih menjawab sendiri dari apa yang ditanyakan. Berdasarkan kenyataan di atas penelitian tindakan perlu dilakukan sebagai &nbsp;upaya mencari solusi untuk meningkatkan keterampilan bertanya guru melalui kegiatan IHT.</p> <p>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk <em>Pre-Experimental Design</em>. Dalam desain eksperimen ini tidak adanya variabel kontrol (kelas kontrol) dan tidak dipilih secara random. Dikatakan <em>pre-experimental design </em>karena desain ini belum merupakan eksperimen&nbsp; sungguh–sungguh, karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan Keterampilan bertanya guru sebelum dilaksanakan IHT nilai minimum 21, maksimum 28, rerata 24,79 dengan standar deviasi 2,15. Keterampilan bertanya guru setelah dilaksanakan IHT minimum 33, maksimum 41, rerata 37,5 dengan standar deviasi 2,50. Nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000&lt;0,05 sehingga Ho ditolak yang artinya dengan diterapkannya IHT tentang keterampilan bertanya guru dapat meningkatkan keterampilan bertanya guru.</p> <p><strong>Kata Kunci : Ketrampilan Bertanya Guru, In Hous Training</strong></p> 2019-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JURNAL HADHARIYAH https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/472 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DI SD MUHAMMADIYAH 3 CIREBON 2019-06-14T17:12:44+07:00 Sudrajat Sudrajat jhon.ajat@yahoo.co.id Rie Ananda Ayu Bidari rieanandaayubidari458@gmail.com Mia Amallia mia.amalia567@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan inklusif di SD Muhammadiyah 3 Cirebon dan memberikan kesamaan persepsi dan pemahaman antara pendidik dan stakeholder lainnya dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan potensi peserta didik. Oleh karena itu, perlu dilakukan usaha-usaha agar pendidikan pada umumnya dan khususnya proses pembelajaran di sekolah mengarah kepada upaya untuk pengembangan segenap dimensi kemanusiaan.</p> <p><strong>Kata kunci: Pendidikan Inklusi</strong></p> 2019-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 0 https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/473 Peningkatan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Struktur Atom Melalui Penggunaan LKPD Qur’ani Berbasis Saintifik Peserta Didik MAN 1 Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 2019-06-14T17:12:44+07:00 Dewiantika Azizah antika.unique@gmail.com Evi Fidawati evifidawati@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan prosentase besarnya peningkatan hasil &nbsp;belajar Kimia pada materi struktur atom melalui penggunaan LKPD Qur’ani peserta didik kelas X IPA 2 MAN 1 Kota Cirebon tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas bersiklus dengan subjek penelitian adalah kelas X IPA 2 MAN 1 Kota Cirebon tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik tes dan non-tes. Penggunaan LKPD Qur’ani dapat meningkatkan hasil belajar Kimia pada materi struktur atom baik pada ranah kognitif, afektif maupun psikomotor. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif sebesar sebesar 22,9%, ranah afektif sebesar 21,05% dan ranah psikomotor sebesar 9,78%.</p> <p><strong>Kata Kunci: Hasil Belajar Kimia, LKPD Qur’ani, Pendekatan Saintifik</strong></p> 2019-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 0