Peningkatan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Struktur Atom Melalui Penggunaan LKPD Qur’ani Berbasis Saintifik Peserta Didik MAN 1 Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan prosentase besarnya peningkatan hasil belajar Kimia pada materi struktur atom melalui penggunaan LKPD Qur’ani peserta didik kelas X IPA 2 MAN 1 Kota Cirebon tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas bersiklus dengan subjek penelitian adalah kelas X IPA 2 MAN 1 Kota Cirebon tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik tes dan non-tes. Penggunaan LKPD Qur’ani dapat meningkatkan hasil belajar Kimia pada materi struktur atom baik pada ranah kognitif, afektif maupun psikomotor. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif sebesar sebesar 22,9%, ranah afektif sebesar 21,05% dan ranah psikomotor sebesar 9,78%.
Kata Kunci: Hasil Belajar Kimia, LKPD Qur’ani, Pendekatan Saintifik