PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA HIDUP RUKUN MELALUI COOPERATIVE LEARNING METHOD BERBASIS TUTOR SEBAYA DI SDN 4 KENANGA KABUPATEN CIREBON (Program Penugasan Dosen di Sekolah Universitas Muhammadiyah Cirebon Tahun 201

  • Widia Nur Jannah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Vivit Sholihati SD Negeri 4 Kenanga

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar peserta didik kelas 2 pada tema hidup rukun melalui cooperative learning method berbasis tutor sebaya. Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas Kolaboratif menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 SD Negeri 4 Kenanga Kabupaten Cirebon yang berjumlah 28 orang pada tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes untuk mengukur hasil belajar dan lembar observasi untuk melihat partisipasi aktif peserta didik. Obyek dari penelitian ini adalah peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar melalui cooperative learning method berbasis tutor sebaya. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif, Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif, dengan mencari presentase dari hasil belajar peserta didik dan presentase setiap aspek dari hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pastisipasi aktif siswa yang terlihat dari hasil rata-rata persentase pra siklus sebesar 38,09%, siklus I sebesar 73,21%. dan siklus II sebesar 88,21%. Peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari persentase pra siklus sebesar 57,14%, siklus I sebesar 78,57%, dan siklus II sebesar 92,85%. Kesimpulan penelitian ini adalah cooperative learning method berbasis tutor sebaya dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar peserta didik kelas II SD 4 Kenanga tahun pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Partisipasi Aktif, Cooperative Learning Method, Tutor Sebaya

Published
2019-06-14
Section
Articles