PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI DESAIN MODEL PEMBELAJARAN JARING LABA-LABA BERBASIS DISCOVERY LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan desain model pembelajaran jarring laba-laba berbasis discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah PTK dengan desain penelitian model spiral dari Kemmis dan Taggart yang dimulai dengan tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) di laksanakan di MTs Islamiyah Kenanga Kabupaten Cirebon kelas VIIIB Tahun Pelajaran 2018-2019. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan pedoman observasi. Teknik pengolahan data yaitu pengolahan data proses yang terdiri dari kinerja guru dan aktivitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung serta pengolahan data hasil yaitu penilaian hasil belajar dengan tes. Hasil yang diperoleh pada pra siklus yaitu dari 21 peserta didik hanya 8 peserta didik atau 38,1 % yang memenuhi KKM. Pada siklus I dengan menggunakan desain model pembelajaran jaring laba-laba berbasis discovery learning dengan menggunakan langkah-langkah pembelajarannya (1) tahap berpikir mandiri; (2) tahap memanfaatkan media pembelajaran; (3) tahap tutorial sebaya; (4) tahap diskusi; (5) tahap penguatan; (6) tahap pembentukan komunitas (Networking) dihasilkan sebanyak 15 Peserta didik yang mencapai KKM atau sebanyak 71%. Selain itu hasil kinerja guru pada siklusi I diperoleh sebanyak 80 % menunjukkan kinerja sangat baik. Pada siklus ke II dihasilkan sebanyak 18 Peserta didik yang mencapai KKM atau sebanyak 85,7% atau 86% artinya adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 9% dengan memberikan perlakuan yang lebih dengan memberikan contoh-contoh nyata dan aktivitas yang lebih mengarahkan pada potensi peserta didik meningkat Selain itu hasil kinerja guru pada siklusi II diperoleh sebanyak 91% hal ini membuktikan hasil kinerja guru berdasarkan pengamatan meningkat 5% dari siklus I. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa sebelum menggunakan desain model pembelajaran jarring laba-laba berbasis discovery learning terdapat peningkatan sebanyak 41,9% pada siklus I dan 47.9% sehingga hampir 50% pemahaman konsep matematis peserta didik meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Desain Model Pembelajaran Jaring Laba-laba, Discovery Learning.