PENERAPAN ROBIN PERSONAL ASSISTANT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAFAL BAHASA INGGRIS PADA PROGRAM PENUGASAN DOSEN DI SEKOLAH

  • Dila Charisma Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ceci Evawati SMA Negeri 1 Sumber

Abstract

Melafal bahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan berbahasa Inggris yang memerlukan latihan secara intensif. Sebagai peserta didik di era milenial, media pembelajaran memerlukan sentuhan teknologi dalama rangka meningkatkan kemampuan melafal disertai peningkatan motivasi belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan melafal bahasa Inggris siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Sumber dengan penerapan Robin Personal Assistant. Kolaboratif penelitian tindakan kelas dipilih sebagai desain penelitian ini dan dilakukan dalam dua siklus. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adala tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan nilai melafal, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan peserta didik selama proses belajar mengajar berlangsung. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitaif. Hasil yang diperoleh dari siklus pertama menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM masih dalam jumlah besar, yaitu 13 peserta didik. Sedangkan kriteria kesuksesan dari penelitian ini adalah hanya 7 peserta didik yang diperbolehkan untuk memperoleh nilai dibawah KKM, yatu 75. Setelah dilakukan siklus kedua, hasil tes menunjukkan bahwa penelitian ini sukses, yaitu hanya 6 peserta didik yang memperoleh nilai dibawah 75. Dapat diambil kesimpulan bahawa penerapan Robin Personal Assistant dapat meningkatkan kemampuan melafal bahasa Inggris dan mampu memotivasi peserta didik untuk aktif dalam kegiatan melafal.

Kata Kunci: Kemampuan melafal, Robin Personal Assisstant, teknologi

Published
2019-06-14
Section
Articles