Pemanfaatan Media Dongeng Berbasis Majalah “Bobo” dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak siswa SD N 1 Sumber Kabupaten Cirebon ( Pada Pogram Penugasan Dosen di Sekolah)

  • Hanikah Hanikah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Titi Heryati SD N 1 Sumber

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyimak dongeng anak siswa kelas III di SDN 1 Sumber dengan pemanfaatan media dongeng berbasis majalah “Bobo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data tentang kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa dikumpulkan dengan metode tes. Data hasil tes dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif, sedangkan data mengenai langkah-langkah pembelajaran metode observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Metode analisis secara kualitatif menggunakan tiga tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Secara kuantitatif menggunakan rumus untuk menentukan skor rata-rata kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presentase aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 88,4% dan meningkat 11,6 poin menjadi 100% pada siklus II. Perolehan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 65,38% mengalami peningkatan sebesar 23,08% menjadi 88,46% pada siklus 2Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media dongeng berbasis majalah “Bobo” mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam menyimak dongeng.

Kata kunci : media dongeng, kemampuan menyimak

Published
2019-06-14
Section
Articles