MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELOMPOK B TK LAB SCHOOL UMC TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Aip Syarifudin Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Sebagai salah satu dari sekian banyak kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik, kompetensi Kognitif adalah merupakan indikator  yang tidak bisa diabaikan oleh pengajar.  Dalam upaya memaksimalkan kemampuan kognitif pada anak terlebih lagi di Anak Usia Dini sangatlah membutuhkan metode pengajaran yang bertepat guna dan berdaya guna. Di beberapa sekolah hal ini menjadi sebuah kendala yakni pencapaian kemampuan kognitif anak usia dini belum berhasil maksimal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kreatifitas guru dalam menyuguhkan pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.

Innovasi dalam pembelajaran perlu dilakukan oleh guru dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Untuk anak usia dini ada metode yang dimungkinkan mampu untuk bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Prasyarat yang harus dipenuhi oleh pengajar salah satunya adalah bagaimana menyuguhkan pembelajaran yang menarik dan disukai oleh peserta didik. Diantara dari sekian banyak inovasi pengajaran salah satunya adalah dengan menggunakan model ficture and ficture.  Gambar adalah suatu hal yang biasanya disukai oleh anak usia dini. Apalagi gambar yang dalam proses pembuatannya ada langkah-langkah menarik bagi anak untuk bisa melihat gambar tersebut.

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk bisa memberikan stimulus dan solusi bagi para guru anak usia dini dalam upaya meningkatkan capaian pembelajaran khusunya dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Ficture and Ficture.  Diharapkan setelah menggunakan model ini maka akan dirasakan dan dapat diukur keberhasilannya dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Lab School Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Kata Kunci :  Kemampuan Kognitif, Strategi Pembelajaran Model Ficture and Ficture

 

Published
2019-06-14
Section
Articles