PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE PAIRED STORYTELLING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD IT MUHAMMADIYAH KOTA CIREBON

  • Nurkholis Nurkholis Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Anisyah Wulandari

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V ditemukan Kendala-kendala yang ditemukan di lapangan bahwa masih banyak siswa yang belum menguasai keterampilan berbicara dikarenakan siswa memiliki rasa malu dan takut jika guru memberikan pertanyaan. Kalaupun ada beberapa siswa yang berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru namun berbicaranya masih tersendat-sendat, tidak akurat dan tidak runtut.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada aspek berbicara sebelum diterapkannya metode Paired Storytelling, untuk mengetahui penerapan penerapan metode Paired Storytelling dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V dalam meningkatkan keterampilan berbicara di SD IT Muhammadiyah Kota Cirebon, dan untuk mengetahui hasil keterampilan berbicara siswa kelas V dalam pembelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkannya metode Paired Storytelling

Metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD IT Muhammadiyah Kota Cirebon dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V SD IT Muhammadiyah Kota Cirebon yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri dari 14 perempuan dan 11 laki-laki. Objek penelitian yang ini yaitu keterampilan berbicara siswa kelas V.

Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan metode Paired Storytelling dapat meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas V ini terbukti dari setiap siklus. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau dengan nilai presentase 52,38% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa dengan nilai presentase 47,62%. Pada siklus I dengan didapatkan nilai rata-rata keseluruhan yaitu 69,04. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dengan nilai presentase yaitu 95,23% dan nilai rata-rata keseluruhan yaitu 80,28. Penelitian ini dikatakan berhasil, dikarenakan hasil tersebut mencapai target yang telah ditentukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Paired Storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kata Kunci:  Paired Storytelling, Keterampilan Berbicara

Published
2019-06-14
Section
Articles