PENGARUH PENGGUNAAN KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 3 BOJONGKULON KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

  • Diana Setiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa kelas 2 di SD Negeri 3 Bojongkulon, mengetahui proses pembelajaran menggunakan permainan kartu kata pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan mengetahui berpengaruh atau tidaknya permainan media kartu kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 3 Bojongkulon. kartu kata merupakan suatu media pembelajaran yang mudah dibuat dan mudah digunakan. Selain itu, media kartu kata ini juga dianggap lebih efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa karena sifat dari kartu kata ini sendiri yang mudah dibuat dan mudah disusun sesuka hati serta dengan warna-warna yang menarik perhatian siswa.  

Jenis penelitian yaitu kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan populasi SD Negeri 3 Bojongkulon, kemudian dipilih sampel 2 kelas yaitu kelas IIA dan IIB. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pretes (tes awal) dan setelah pembelajaran dilaksanakan, penulis melakukan postes (tes akhir) kepada kedua kelas tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan kartu kata terhadap kemampuan membaca untuk siswa yang menerapkan pembelajaran menggunakan media kartu kata menujukkan kategori tinggi yaitu dengan rata-rata sebesar 82,50 dan untuk siswa yang tidak menerapkan media permainan kartu kata terhadap kemampuan membaca menunjukkan kategori sedang yaitu rata-rata sebesar 60,66. Kemudian berdasarkan analisis uji-t data gain yang menunjukan bahwa t hitung lebih kecil dari pada t tabel (1,93 < 1,73) terdapat perbedaan pada taraf signifikan setelah diberi perlakuan dan tanpa perlakuan, maka menurut kriteria penguji hipotesis artinya Ho ditolak atau terdapat pengaruh permainan kartu kata terhadap kemampuan membaca antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kata Kunci    : Kartu Kata, Kemampuan Membaca

Published
2019-06-14
Section
Articles