IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SD KELAS IV PADA PROGRAM PENUGASAN DOSEN DI SEKOLAH

  • Susilawati Susilawati Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ida Widiyawati SD NEGERI 2 TUKMUDAL

Abstract

Dinamika pembelajaran mengarahkan guru untuk terus meningkatkan keterampilannya dalam mengajar termasuk menyajikan media yang inovatif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran di kelas IV SD menggunakan multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan model Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan selama dua siklus. Kegiatan penelitian
dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri Tukmudal 2 Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar wawancara guru
dan siswa, lembar catatan harian dan lembar tes serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif dalam pembelajaran di kelas IV semester 1 dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus aktivitas siswa mendapat nilai 2.55 (aktivitas belajar siswa kurang). Pada siklus 1 aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 3.10 (aktivitas belajar siswa baik). Dan pada siklus 2, nilai aktivitas belajar siswa semakin meningkat menjadi 3.45 (aktivitas belajar siswa sangat baik). Rekomendasi dari hasil penelitian ini mengarahkan untuk guru agar dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan berbagai media yang bervariasi. Salah satu media yang dapat digunakan adalah multimedia interaktif untuk dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu, dalam setiap pembelajaran yang dilaksanakan, hendaknya menyertakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang
representatif agar aktivitas belajar siswa semakin terarah.

Kata Kunci: multimedia-interaktif, aktivitas-belajar-siswa

Published
2019-06-14
Section
Articles