PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL SISWA
Kata Kunci:
Problem Based Learning, Kompetensi Sosial Emosional, Media Pembelajaran Berbasis WebsiteAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan media pembelajaran berbasis website dalam meningkatkan kompetensi sosial-emosional siswa kelas VI pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Pelandakan 1, Cirebon. Media berbasis teknologi seperti website dinilai efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan fleksibel, sehingga memotivasi siswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media berbasis website tidak hanya meningkatkan kemampuan akademik siswa, tetapi juga memperkuat kompetensi sosial-emosional, termasuk keterampilan komunikasi, empati, kerjasama, dan sikap saling menghargai. Setelah implementasi model PBL, siswa menjadi lebih disiplin, menghargai pandangan teman, dan menggunakan bahasa yang lebih sopan selama interaksi dalam pembelajaran. Kesimpulannya, penggunaan media berbasis website sangat efektif dalam mendukung pengembangan kompetensi sosial-emosional siswa serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Abstract
This research aims to evaluate the use of web-based learning media in enhancing the socio-emotional competence of sixth-grade students in Bahasa Indonesia lessons at SD Negeri Pelandakan 1, Cirebon. Technology-based media, such as websites, are considered effective in creating interactive and flexible learning environments, motivating students to engage more in the learning process. This study employs a qualitative approach with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The results indicate that the implementation of the Problem-Based Learning (PBL) model with web-based media not only improves students' academic abilities but also strengthens their socio-emotional competencies, including communication skills, empathy, collaboration, and mutual respect. After the implementation of the PBL model, students became more disciplined, respected their peers' opinions, and used more polite language during classroom interactions. In conclusion, the use of web-based media is highly effective in supporting the development of students' socio-emotional competencies and creating a conducive learning environment.