PENGARUH APLIKASI MARBEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK DI SD KARTIKA XIX-6

Authors

  • Ana Agnisia Nada Nada Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Erna Labudasari
  • Anih Sumiati Ani

DOI:

https://doi.org/10.32534/edutary.v4i2.6277

Abstract

Latar belakang penelitian disebabkan peserta didik masih mengeja dan terbata-bata menunjukkan rendahnya kemampuan membaca. peserta didik pasif, guru kurang komunikatif, dan media pembelajaran bersifat monoton. Kemampuan membaca peserta didik lebih berpengaruh Ketika menggunakan inovasi media aplikasi pembelajaran interaktif, menggunakan media aplikasi marbel.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media aplikasi marbel terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas 1 SD Kartika XIX-6. Metode yang digunakan penelitian ini kuantitatif. Respon dalam penelitian berjumlah 28 peserta didik. Data dikumpulkan melalui pretest-posttest dan wawancara berdasarkan indicator membaca permulaan. Hasil Penelitian menyatakan Terdapat perbedaan yang segnitifikasi karena nilai sig sebesar 0,00 < 0,05 dengan demikian Ho di terima dan Ha ditolak, Berdasarkan Hasil pebelitian dapat diambil Kesimpulan hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh terhadap kemampuan membaca peserta didik setelah penggunaan media aplikasi marbel menolak Tidak terdapat pengaruh terhadap kemampuan membaca setelah penggunaan media aplikasi marbel peserta didik kelas 1 SD Kartika XIX-6. Berdasarkan temuan hal ini penggunaan media sangat berdampak terhadap kemampuan membaca dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Maka di sarankan agar kemampuan membaca tidak rendah penggunaan media terhadap pembelajaran sangat berpengaruh dalam kemampuan membaca permulaan.

Keywords:

Kemampuan Membaca Rendah, , AplikasiMembaca Marbel , Analisis Kemampuan Membaca permulaan

Downloads

Published

2025-01-06