Pengaruh Media Pembelajaran Literacy Cloud Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Setu Wetan

Authors

  • Rosmala Dewi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Erna Labudasari universitas muhammadiyah cirebon
  • Anih Sumiati universitas muhammadiyah cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/edutary.v4i1.6176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan membaca pemahaman sebelum diimplementasikan media pembelajaran Literacy Cloud pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Setu Wetan (2) kemampuan membaca pemahaman sesudah diimplementasikan media pembelajaran Literacy Cloud pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Setu Wetan (3) pengaruh media pembelajaran Literacy Cloud terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Setu Wetan. Ditemukan masalah dalam kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V yang masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pre-eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V-B yang berjumlah 31 siswa dalam satu kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kemampuan membaca pemahaman siswa pada materi Belajar Berwirausaha sebelum perlakuan menggunakan media pembelajaran Literacy Cloud menunjukkan rata-rata hanya sebesar 65,16 tergolong kemampuan membaca pemahaman sedang. Kemampuan membaca pemahaman siswa pada materi Belajar Berwirausaha sesudah perlakuan menggunakan media pembelajaran Literacy Cloud menunjukkan rata-rata sebesar 85,00 tergolong kemampuan membaca pemahaman tinggi. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran Literacy Cloud dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V pada materi Belajar Berwirausaha sebesar 23,34%.

Kata Kunci: Literacy Cloud, kemampuan membaca pemahaman

Keywords:

Literacy Cloud, Kemampuan Membaca, Pemahaman

Downloads

Published

2024-08-15