PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE HYPNOTEACHING PADA SISWA KELAS V

Authors

  • Septi Akmaliyah
  • Nur Asyah

DOI:

https://doi.org/10.32534/edutary.v1i2.2761

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan metode hypnoteaching pada pembelajaran tematik integratif pada tema benda-benda di sekitar kita di kelas V SDN 1 Kedung Dalem. Desain yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, skala dan lembar evaluasi. Hasil penelitian adalah: 1). Perencanaan pada penelitian ini dimulai dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang digunakan untuk pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas dengan menggunakan langkah-langkah metode hypnoteaching. Pada perencanaan pembelajaran pada siklus I peneliti mendapatkan skor 22 atau 91,67% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 24 atau 100%. 2). Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode hypnoteaching, proses pembelajarannya mengalami peningkatan dari siklus I yang memperoleh skor 16 atau 88,89% menjadi 18 atau 100% pada pelaksanaan di siklus II. 3). Hasil penelitian pada data awal motivasi belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi hanya 8 siswa atau 21,05%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa atau 44,74% dan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 31 siswa atau 81,58%. 4). Pada hasil belajar siswa, data awal menunjukkan siswa yang tuntas belajar hanya 14 siswa atau 36,84%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 26 siswa atau 68% dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 35 siswa atau 92,10%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penggunaan metode pembelajaran hypnoteaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-04-13