METODE PENANGANAN ANAK HIPERAKTIF DI KELAS IV SDN I GINTUNGRANJENG

Authors

  • Sri Ayu Sutiningsih
  • Toto Santi Aji

DOI:

https://doi.org/10.32534/edutary.v1i2.2760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Anak hiperaktif menurut teori, 2) Kondisi anak hiperaktif di kelas IV SDN 1 Gintungranjeng, dan 3) Metode yang digunakan guru dalam menangani anak hiperaktif di kelas IV SDN 1 Gintungranjeng. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Populasi adalah seluruh siswa di kelas IV di SDN Gintung Ranjeng I yang berjumlah 20 siswa. Peneliti menggunakan acidental sampling dikarenakan sampel yang peneliti gunakan mengenai kasus sosial anak hiperaktif. Sampel dalam penelitian ini adalah anak hiperaktif yang ada di kelas IV SDN 1 Gintungranjeng yaitu 1 siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah sebagai berikut: (1) Anak hiperaktif menurut teori bahwa anak hiperaktif adalah gangguan tingkah laku yang tidak normal, disebabkan disfungsi neurologist dengan gejala utama tidak mampu memusatkan perhatian, (2) Kondisi anak hiperaktif di kelas IV SDN 1 Gintungranjeng adalah anak hiperaktif  tidak mau  diam  didalam kelas, tidak fokus saat belajar, mengobrol saat belajar, mengganggu teman saat belajar, dan (3) Metode penanganan anak hiperaktif di kelas IV SDN 1 Gintungranjeng adalah menggunakan metode ceramah, diskusi dan metode bermain puzzle. Penggunaan metode ceramah dan diskusi dirasa harus ada variasi pembelajaran agar menarik dan agar anak hiperaktif ini tidak jenuh dan pada akhirnya dengan metode yang tepat dan variatif dengan mempertimbangkan ciri dan perilaku anak hiperaktif agar hasil belajar dapat tercapai pada anak hiperaktif tersebut.

Keywords:

Metode Penanganan, Anak Hiperaktif

Downloads

Published

2022-04-13