PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SDN KALITANJUNG

Authors

  • Nining Hendrayanti
  • Dianasari Dianasari

DOI:

https://doi.org/10.32534/edutary.v1i2.2759

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan awal di SD Negeri Kalitanjung I pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, diperoleh data sebanyak 20 siswa atau 61% dari 33 siswa masih di bawah standar KKM di kelas IVB dan sebanyak 18 siswa atau 55% dari 33 siswa masih di bawah standar KKM di kelas IVA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menggunakan model pembelajaran problem based learning materi pecahan kelas IV SDN Kalitanjung I. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning yaitu kelas kontrol dan eksperimen diperoleh data nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut sebesar 52.72 dan 61.93. Secara keseluruhan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 72.60 lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu sebesar 65.93, pengaruh tersebut sebasar 9,18%.

 

Keywords:

model pembelajaran problem based learning, hasil belajar siswa matematika

Downloads

Published

2022-04-13