PENERAPAN METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Authors

  • Citra Dwi Asih Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Widia Nur Jannah

DOI:

https://doi.org/10.32534/edutary.v1i2.2757

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat dalam setiap jenjang pendidikan. Matematika dianggap penting karena sering digunakan dalam segala aspek kehidupan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan ketelitian, matematika juga dapat memberikan kepuasan terhadap usaha dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan pada sekolah dasar. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Alternatif metode yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah 39 peserta didik kelas V-A SD Negeri Rinjani tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan metode TAPPS dapat meningkatkan efektifitas kegiatan pembelajaran di kelas.  Respon siswa terhadap penerapan metode TAPPS berada pada kategori cukup tinggi, siswa merespon dengan baik terhadap penerapan metode TAPPS. Hasil belajar siswa berdasarkan indikator komunikasi matematis dengan menerapkan metode TAPPS termasuk dalam kategori baik dengan lebih dari 80% peserta didik telah memperoleh nilai di atas KKM yang ditetapkan yaitu 75.

Keywords:

Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Komunikasi Matematis Siswa

Downloads

Published

2021-12-13