PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 2 ENDER

Authors

  • Estri Widasworo
  • Leo Muhammad Taufik2

DOI:

https://doi.org/10.32534/edutary.v1i1.2750

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran IPA di kelas V SDN 2 Ender terlihat bahwa minat belajar siswa yang masih rendah juga hasil ulangan siswa yang rata-rata dibawah KKM. kajian yang akan dibahas dalam penelitian ini ialah materi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan minat belajar sebelum menggunakan metode outdoor learning study dan pengaruhnya terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas V SDN 2 Ender Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design bentuk One-grup pretest-postest design. Rata-rata nilai yang diperoleh pretest dan posttest kelas kontrol yaitu pretest 54 dan posttet 65. Pada kelas eksperimen mengalami kenaikan yaitu pretest 55 dan posttest 75. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh ttabel2,09 dan thitung 7,31 yang menunjukan hasil yang signifikan. Hasil observasi minat di kelas eksperimen menunjukan hasil yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran outdoor learning study berpengaruh baik terhadap hasil dan minat belajar dalam pembelajaran IPA.

 

Keywords:

Metode Outdoor Learning Study, Hasil Belajar, Ekosistem

Downloads

Published

2022-04-12