PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE CROSSWORD PUZZLE DALAM TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA

Authors

  • Dini Umniyah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Eliya Rochmah

DOI:

https://doi.org/10.32534/edutary.v1i1.2749

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan belajar siswa pada saat proses pembelajaran disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya motivasi siswa, kurangnya bimbingan belajar di rumah, banyaknya siswa yang pasif dalam proses pembelajaran, guru kurang terampil dalam menggunakan sumber belajar, guru kurang tepat dalam memilih media dan bahan belajar, guru monoton dalam proses pembelajaran serta sarana yang kurang memadai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi keaktifan belajar siswa sebelum diterapkan metode crossword puzzle, serta untuk mengetahui bagaimana penerapan metode crossword puzzle dan tujuan akhirnya yaitu untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam keanekaragaman sosial budaya masyarakat melalui metode pembelajaran Crossword Puzzle. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Dompyong Kulon Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dalam pelaksanaannya terdiri dari 2 siklus. Subjek dari penelitian tindak kelas ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang. Hasil keaktifan siswa  mengalami kenaikan pada siklus II yaitu sejumlah 26 siswa berkriteria aktif pada saat proses pembelajaran dengan presentase 87,77% dan 4 siswa masih pasif dalam proses pembelajaran dengan persentase 12,33% yang sebelumnya disiklus I hanya  17 siswa yang aktif dengan persentase 73,05% dan 13 siswa masih pasif dalam proses pembelajaran dengan persentase 26,95%.

Keywords:

Keaktifan Belajar, Crossword Puzzle, Penelitian Tindakan Kelas

Downloads

Published

2022-04-12