Transformasi E-governance dalam Pelayanan Publik di Era New Normal

Authors

  • Melsya Septian Sandhika Putri
  • Emi Laela Ayu Ningtyas
  • Wahibatul Mas’ulla
  • Robby Darwis Nusution

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah seluruh tatanan dunia termasuk juga Indonesia. Kenormalan baru  telah diberlakukan di Indonesia dan telah mempengaruhi berbagai aspek dan pemerintahannya. Hal ini mendesak pemerintah segera melaksanakan reformasi dan perubahan kebijakan serta meningkatkan pelayanan publik demi kepentingan rakyat Indonesia. Perubahan model layanan akibat pandemi COVID-19 memungkinkan masyarakat dan pemerintah  beradaptasi bersama gaya hidup maupun norma baru. Seiring bersama penerapan Kenormalan baru, diberikan layanan masyarakat yang membatasi interaksi sosial bersama menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran COVID-19. Pemerintah telah mengembangkan kebijakan tersebut sebagai layanan  online inovatif yang mudah diakses dan  dipahami oleh masyarakat. Tujuan dibuatnya paper ini demi mengetahui government Covid-19 transition dalam pelayanan public dalam masa kenormalan baru. Metode yang digunakan ialah literature review, bersama mengunakan pendekatan kualitatif terhadap kebijakan yang ada.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemerintah telah melakukan transformasi kebijakan pada pelayanan publik di masa kenormalan baru.

 

Kata kunci : Pelayanan Publik, New Normal, Transformasi Pelayanan Publik

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Putri, M. S. S., Ningtyas, E. L. A., Mas’ulla, W., & Nusution, R. D. (2022). Transformasi E-governance dalam Pelayanan Publik di Era New Normal. Prosiding Ilmu Pemerintahan, 1(1), 153 –. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/IP/article/view/2706

Issue

Section

Articles