KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH YOGYAKARTA DI MASA NEW NORMAL

Authors

  • Selvia Mahatma Cindi
  • Deva Armadya Sadesta
  • Risky Aldian
  • Robby Darwis Nasution

Abstract

Pandemi Covid-19  saat ini  sangat dirasakan oleh pemerintah maupaun masyarakat, terutama masyarakat yang  berada  di  wilayah  perkotaan.  Sejak  awal pandemi hingga  sekarang sangat membawa  dampak  buruk  terhadap  segala  aspek  kehidupan. seperti, pelayanan public, kesehatan, pendidikan, pekerjaan,  sosial,  politik,  dan  ekonomi. Pandemi Covid-19 telah membawa dampak buruk pada kehidupan sosial masyarakat di Indonesia, pemerintah menggaungkan pola  hidup baru atau  new normal yang berimbas pada pembatasan atau pemberhentian pelayanan publik sementara yang akhirnya diganti dengan teknologi online. Hal ini ditegaskan dengan munculnya kemungkinan Modern Upset 4.0 akhir-akhir ini. Otoritas publik dibutuhkan untuk bersikap fleksibel dan siap meningkatkan inovasi dalam melayani daerah. Juga di tengah pandemi Coronavirus, yang memaksa individu untuk membatasi portabilitas mereka dan didorong untuk melakukan latihan di rumah untuk menghentikan penyebaran infeksi. Dalam kondisi ini, keberadaan organisasi pendukung wajib pajak harus segera berubah menjadi struktur online. Pemanfaatan inovasi dalam manfaat siang bolong saat ini pada hakikatnya bukan hal lain, Pemerintah Daerah sebagai pemerintah yang bersentuhan langsung dengan daerah telah melakukan administrasi terbuka melalui aplikasi dan framework online, misalnya selama ini melakukan pengawasan terhadap masyarakat. rekor, salah satunya di Yogyakarta. Namun, pemanfaatan inovasi secara terbuka manfaatnya masih belum ideal sehingga pelaksanaannya tidak sesuai dengan kondisi new normal. Penelitian ini dipimpin menggunakan strategi eksplorasi subjektif dengan fokus penulisan investigasi grafis di mana proses pengumpulan informasi dibawa melalui pencarian melalui sumber informasi tambahan, seperti artikel diary, berita terkini, dan policy brief. Yang bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pemerintah Yogyakarta di masa new normal dengan menggunakan pendekatan studi literasi.

Kata Kunci : Pelayanan public, New normal, Pemerintah daerah

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Cindi, S. M., Sadesta, D. A., Aldian, R., & Nasution, R. D. (2022). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH YOGYAKARTA DI MASA NEW NORMAL. Prosiding Ilmu Pemerintahan, 1(1), 103 –. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/IP/article/view/2700

Issue

Section

Articles