Transisi Pelayanan Publik Di Era New Normal Dalam Lingkup Pemerintah Daerah

Authors

  • Awang Putro Vesmoyo
  • Aditya Wahyu Prasetyo
  • Dicky Martiaz Sani
  • Rony Pujo Santoso
  • Robby Darwis Nasution

Abstract

Pada era New Normal ini, pelayanan publik telah bertransfomasi dari manual menjadi online. namun penerapan teknologi belum berjalan secara optimal sehingga perlu ide-ide dan kreativitas untuk menghasilkan jalan keluar supaya pelayanan publik menjadi lebih optimal . dalam hal ini pemerintah menggunakan aplikasi berbasis digital sebagai kebiasaan kerja baru di lingkup pemerintahan. tujuan penelitian ini adalah menganalisis penyelenggaraan pelayan publik di era new normal dalam lingkup pemerintah daerah. Penelitian kami ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis dan teknik pengumpul data menggunakan metode studi kepustakan yang mengambil dari artikel-artikel pada google scholar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan publik di era new normal yang dilakukan oleh pemerintah banyak menemui hambatan seperti menurunya kualitas pelayanan, kurangnya inovasi dari pemerintah,dan kuranya pemanfaatan teknologi informasi untuk memberi komunikasi pada masyarakat di era new normal. ini membuat momentum pemerintah untuk terus meningkatkan pelayanan publik dengan memperbanyak inovasi.

Kata Kunci : Pelayanan publik, new normal, pandemi

 

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

Vesmoyo, A. P., Prasetyo, A. W., Sani, D. M., Santoso, R. P., & Nasution, R. D. (2022). Transisi Pelayanan Publik Di Era New Normal Dalam Lingkup Pemerintah Daerah. Prosiding Ilmu Pemerintahan, 1(1), 60–75. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/IP/article/view/2661

Issue

Section

Articles